Gubernur Wayan Koster Imbau Warga Tetap di Rumah Sehari Setelah Nyepi

Antara ยท Selasa, 24 Maret 2020 - 22:20 WITA
Gubernur Wayan Koster Imbau Warga Tetap di Rumah Sehari Setelah Nyepi
Wayan Koster (dok iNews.id)

DENPASAR, iNews.id - Gubernur Bali Wayan Koster mengeluarkan imbauan agar warga tetap berada di rumah, sehari setelah perayaan Nyepi pada 26 Maret. Imbauan itu dikeluarkan untuk mencegah penyebaran virus corona makin meluas di Pulau Dewata.

"Pada Kamis (26/3/2020) atau Hari Ngembak Geni, Bapak Gubernur mengimbau masyarakat tetap berada di rumah," kata Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra saat menyampaikan keterangan melalui video streaming di Denpasar, Selasa (24/3/2020).

Menurutnya, Gubernur merasa perlu menegaskan hal tersebut karena kebiasaan warga Bali setelah Nyepi melakukan kunjungan ke kerabat dan keluarga sehingga berpotensi menciptakan kerumunan.

"Kalau tidak ada imbauan, nantinya akan digunakan masyarakat biasanya untuk kesempatan anjangsana mengunjungi sanak saudara ataupun tempat-tempat wisata," ujarnya.

Imbauan Gubernur Bali tersebut tertuang dalam surat bernomor 45/Satgascovid19/III/2020 tertanggal 23 Maret.

Dia menegaskan, imbauan yang ditujukan pada masyarakat itu semata untuk meningkatkan upaya pencegahan penyebaran virus corona di Bali agar tidak bertambah banyak.

"Karena cara yang paling efektif dengan disipilin menjaga jarak dan mengurangi aktivitas di luar rumah," ucap pria yang juga Ketua Satgas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Bali itu.

Data terkini, ada 6 kasus positif terjangkit virus corona di Bali. Sebanyak 2 orang telah meninggal dunia, dan 4 masih menjalani perawatan di rumah sakit.


Editor : Reza Yunanto