Bali Gelar Rapid Test Virus Corona, Prioritas untuk ODP

Antara ยท Selasa, 24 Maret 2020 - 20:45 WIB
Bali Gelar Rapid Test Virus Corona, Prioritas untuk ODP
Rapid test (dok iNews.id)

DENPASAR, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali akan menggelar rapid test virus corona atau Covid-19. Rapid test akan diprioritaskan untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP).

"Prioritas untuk ODP," kata Ketua Satgas Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra dalam keterangan yang disampaikan melalui video streaming di Denpasar, Selasa (24/3/2020).

Menurutnya, ODP menjadi prioritas dalam pelaksanaan rapid test yaitu para pekerja migran yang saat ini sedang dikarantina setelah kembali dari negara tempatnya bekerja.

ODP yang dikarantina itu berjumlah 30 orang.

"Mereka yang berada di karantina, kalau hasil rapid test-nya negatif bisa segera pulang. Jadi tidak perlu sampai 14 hari," ujar pria yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali ini.

Berikutnya ODP yang mendapat prioritas rapid test yaitu mereka yang memiliki riwayat kontak langsung dengan pasien positif virus corona di Bali.

Jumlah ODP ini ratusan orang, termasuk tenaga medis, paramedis, dan staf rumah sakit yang terkait dengan penanganan pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 di rumah sakit rujukan.

Sementara itu, terkait uji lab sampel PDP akan dilakukan di laboratorium RSUP Sanglah. Mulai 26 Maret, rumah sakit pemerintah itu telah bisa digunakan untuk memeriksa sampel swab PDP di Bali.

"Bagi PDP uji sampel swabnya tetap di laboratorium RSUP Sanglah karena hasil uji lab presisinya lebih tinggi," katanya.

Hingga Selasa (24/3/2020) jumlah kasus positif virus corona di Bali masih 6 kasus, dengan 2 telah meninggal dunia yaitu seorang perempuan WNA berusia 52 tahun dan seorang pria WNA berusia 72 tahun.

Sedangkan 4 kasus yaitu 2 orang WNA di RSUD Tabanan, dan 2 WNI di RSUP Sanglah Denpasar.


Editor : Reza Yunanto