Rumah Sakit Kesdam IX Udayana Disiapkan untuk Rapid Test Virus Corona di Bali

Antara ยท Senin, 23 Maret 2020 - 12:24 WIB
Rumah Sakit Kesdam IX Udayana Disiapkan untuk Rapid Test Virus Corona di Bali
Sekda Bali Dewa Made Indra (Foto: Antara)

DENPASAR, iNews.id - Pemerintah Provinsi Bali akan melakukan rapid test virus corona atau Covid-19. Lokasi rapid test direncanakan di Rumah Sakit Kesdam IX Udayana, Kota Denpasar.

"Kami siapkan itu sehingga bisa mengurangi kepanikan dan kegalauan dari masyarakat," kata ketua Satgas Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra dalam keterangannya melalui video streaming di Denpasar, Minggu (22/3/2020)

Selain menyiapkan RS Kesdam IX Udayana untuk lokasi rapid test, Pemprov Bali juga tengah menyiapkan laboratorium di RSUP Sanglah untuk melakukan tes sampel swab bagi para pasien dalam pengawasan (PDP).

Hal ini dilakukan agar pemeriksaan sampel bisa lebih cepat dan tidak perlu menunggu dari Balitbang Kementerian Kesehatan di Jakarta.

"Mudah-mudahan dalam waktu secepat mungkin laboratorium ini bisa berfungsi dengan baik, sehingga dengan demikian, kita tidak harus menunggu lama hasil uji laboratorium yang sebelumnya kami kirim ke Jakarta dan Surabaya," ujar pria yang juga Sekretaris Daerah Provinsi Bali itu.

Sebelumnya, dia mengatakan, masih ada 23 pasien dalam pengawasan (PDP) yang ditunggu hasil pemeriksaan swab-nya dari laboratorium Balitbangkes Kementerian Kesehatan.

"Oleh karena itu masih dirawat di RS sambil menunggu hasil uji labnya. Jika hasil uji labnya sudah keluar dan dinyatakan negatif, kondisi pasien dalam keadaan sehat, tentu dipersilahkan pulang," katanya.


Editor : Reza Yunanto