Pemprov Bali Sediakan Tempat Karantina Khusus Pekerja Migran

Antaranews ยท Minggu, 22 Maret 2020 - 11:00 WIB
Pemprov Bali Sediakan Tempat Karantina Khusus Pekerja Migran
Petugas berpakaian khusus mengevakuasi bule paruh baya yang tewas di pinggir jalan di Denpasar, Bali. (Foto: SINDOnews)

DENPASAR, iNews.id - Tim Satgas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Bali menyiapkan tempat karantina di satu lokasi. Karantina ini khusus bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau tenaga kerja luar Bali yang kembali ke daerahnya dari negara terjangkit COVID-19.

"Pemprov Bali berupaya menyiapkan tempat karantina di UPT Balai Pelatihan Kesehatan Masyarakat Provinsi Bali, dan diberlakukan jalur khusus domestik di Bandara Ngurah Rai bagi PMI dan pelaut-pelaut yang pulang dari luar negeri," kata Ketua Tim Satgas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra dalam konferensi pers di Denpasar, Sabtu (21/3/2020).

Tim Satgas Covid-19 Provinsi Bali juga mengirimkan surat kepada Kodam IX-Udayana, Polda Bali, dan Korem 163/Wirasatya serta pemerintah kabupaten/kota se-Bali. Isinya berkaitan untuk mengedukasi dan koordinasi kepada masyarakat turut melindungi diri dan melakukan upaya-upaya pencegahan penularan COVID-19 di daerah masing-masing.

"Satgas COVID-19 juga sudah bersurat kepada Majelis Desa Adat (MDA) dan Bendesa Adat se-Bali untuk melakukan disinfeksi massal serentak pada hari pengerupukan Nyepi pada Selasa (24/3) sore hari, dan mengimbau mengaktivasi posko penanganan virus corona di desanya masing-masing," ucapnya.

Sekda Dewa Indra juga mengimbau semua pihak tidak menyebarkan berita yang tidak jelas asal-usulnya. Hal ini agar tidak membuat panik banyak orang dan mengganggu ketenangan masyarakat luas.

Dia mengharapkan semua pihak berkontribusi untuk mengikuti arahan Pemerintah Provinsi Bali, pemerintah pusat, pemerintah kabupaten, dan kota untuk belajar, bekerja, dan melakukan aktivitas dari rumah, serta mengurangi aktivitas di luar rumah. Hal itu sebagai salah satu upaya untuk memotong penyebaran COVID-19.

"Mohon masyarakat tetap tenang dan berperilaku hidup bersih dan sehat, serta tetap menjaga kebugaran tubuh kita," kata Dewa Made Indra.


Editor : Nani Suherni