78 Warga Bali Kru Kapal Pesiar Berstatus ODP Korona Inisiatif Periksa Kesehatan

Antara ยท Sabtu, 21 Maret 2020 - 12:45 WIB
78 Warga Bali Kru Kapal Pesiar Berstatus ODP Korona Inisiatif Periksa Kesehatan
Kru kapal pesiar World Dream yang jalani observasi di Natuna. (Foto: Antara)

BULELENG, iNews.id - Sebanyak 78 warga Kabupaten Buleleng, Bali yang baru kembali dari luar negeri memeriksakan kesehatan di rumah sakit. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan virus korona (Covid-19).

"Sebanyak 78 orang itu bukanlah orang dengan keadaan sakit atau suspect COVID-19 atau biasa disebut Pasien Dalam Pengawasan (PDP), melainkan mereka itu Orang Dalam Pemantauan (ODP)," kata Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, di Singaraja, ibu kota Kabupaten Buleleng, Jumat (20/3/2020).

Dia mengatakan, sebagian besar dari 78 orang itu bekerja sebagai kru kapal pesiar. Setelah melihat perkembangan kasus virus korona di Bali, mereka langsung berinisiatif memeriksakan diri. Dari hasil pemeriksaan tersebut, 78 orang itu dinyatakan tidak terinfeksi virus.

"Saya tegaskan ODP itu orang yang datang dari luar negeri yang sudah sempat mengecek kesehatannya dan hasilnya mereka semua dalam kondisi sehat, tidak ada yang terkena virus," katanya.

Hingga kini, di Kabupaten Buleleng masih ada 4 orang yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Yaitu 3 orang WNI dan seorang WNA.

Sedangkan kasus secara keseluruhan di Bali, 4 orang dinyatakan positif terinfeksi. Dua orang di antaranya telah meninggal dunia, yaitu seorang perempuan WNA, dan seorang laki-laki WNA. Dua orang lainnya adalah WNI yang masih diisolasi.


Editor : Reza Yunanto