Cegah Virus Corona, Kabupaten Klungkung Disemprot 40.000 Liter Disinfektan

Sindonews.com ยท Selasa, 24 Maret 2020 - 13:26 WIB
Cegah Virus Corona, Kabupaten Klungkung Disemprot 40.000 Liter Disinfektan
Penyemprotan disinfektan untuk mencegah penularan virus corona (covid-19). (Foto: Antara)

KLUNGKUNG, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung, Provinsi Bali menyemprot disinfektan di sejumlah fasilitas publik seperti pasar, terminal, perkantoran pemerintah, dan tempat wisata. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menuturkan, penyemprotan telah dilakukan sejak Jumat (20/3/2020) dan terus dilakukan berkala di tempat-tempat keramaian warga. Sebanyak 8 tangki berisi cairan disinfektan berkapasitas masing-masing 5.000 liter telah disiapkan.

"Disinfektan ini dibeli secara swadaya dengan menyisihkan sebagian kecil pendapatan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Klungkung untuk dibagikan gratis ke masyarakat," tuturnya, Selasa (24/3/2020).

Suwirta menambahkan, setelah tempat-tempat publik, berikutnya penyemprotan akan dilakukan di rumah-rumah warga, termasuk objek wisata di pulau Nusa Penida.

"Saya juga akan menyemprot hingga setiap kecamatan dan objek wisata Nusa Penida," katanya.

Untuk menghadapi virus corona ini, kata dia, Pemkab Klungkung juga telahmembentuk posko Covid 19. Kepala Dinas Kesehatan akan membuat kajian asesmen tentang status bencana di Kabupaten Klungkung. Kajian tersebut untuk memetakan orang-orang yang berisiko membawa atau menularkan virus.

"Hal ini dilakukan untuk mengetahui lebih cepat perkembangan jumlah dan lokasi ODP (Orang Dalam Pemantauan), sehingga penyebaran virus dapat diawasi dan diantisipasi," katanya.

Data terkini di Kabupaten Klungkung, ada 99 orang yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).


Editor : Reza Yunanto