Unggah Hoaks Wapres Ma'ruf Amin Terpapar Corona, Warga Denpasar Ditangkap Polisi

dewi umaryati ยท Rabu, 06 Mei 2020 - 23:50 WIB
Unggah Hoaks Wapres Ma'ruf Amin Terpapar Corona, Warga Denpasar Ditangkap Polisi
IGN, Warga Denpasar ditangkap polisi setelah membuat hoaks Wapres Ma'ruf Amin terpapar virus corona

DENPASAR, iNews.id – Tim Subdit Cyber Crime Polda Bali menangkap pria berinisial IGN (54), karena diduga telah mengunggah berita hoaks Wakil Presiden Ma'ruf Amin terpapar corona. Pelaku ditangkap di rumahnya kawasan Denpasar, Selasa (5/5/2020).

“Ya benar, kita tangkap yang bersangkutan karena mengunggah hoaks pejabat negara terpapar Covid-19,” kata Kasubdit V Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Bali, AKBP I Gusti Ayu Suinaci, saat dikonfirmasi iNews.id, Rabu (6/05/2020).

Dari hasil pemeriksaan, tersangka mengaku membuat status dan mengunggahnya di media sosial, setelah mendapat informasi dari orang lain. “Katanya dapat informasi itu dari orang, tapi pas kita tanya siapa orangnya, pelaku bilang nggak tahu,” ucap perwira menengah melati dua ini.

Saat ditangkap di rumahnya tidak ada perlawanan, bahkan status di media sosial facebooknya juga masih ada dan belum dihapus oleh pelaku.

Tersangka telah ditahan di Mapolda Bali, dijerat pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana, terancam hukuman maksimal 10 tahun penjara.

AKBP Suinaci mengimbau kepada masyarakat saring sebelum sharing, dapat melakukan atau mencari klarifikasi jika mendapatkan informasi dari orang lain yang belum tentu benar, serta bijaksana dalam menggunakan media sosial.


Editor : Dewi Umaryati