TNI Disiplinkan Warga Bali Terapkan Protokol Kesehatan di Fasilitas Publik

Antara ยท Senin, 27 Juli 2020 - 14:40 WIB
TNI Disiplinkan Warga Bali Terapkan Protokol Kesehatan di Fasilitas Publik
Personel TNI melakukan pendisplinan masyarakat di salah satu pasar tradisional di Kabupaten Tabanan, Bali, Minggu (26/7/2020). (Foto: Korem 163/Wira Satra Denpasar)

DENPASAR, iNews,id - Personel TNI dari delapan Komando Distrik Militer (Kodim) di Bali turun ke fasilitas publik mendisiplinkan warga menerapkan protokol kesehatan di era kenormalan baru. Tindakan ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Tahap awal penerapan tatanan kehidupan normal baru ini, semuanya kembali secara ketat menerapkan prosedur protokol kesehatan," kata Kepala Penerangan Korem 163/Wira Satya, Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia di Denpasar, Senin (27/7/2020).

Menurutnya, hingga hari ini terlihat warga Bali belum sepenuhnya sadar menerapkan protokol kesehatan secara utuh.

Padahal penerapan protokol kesehatan itu sebagai bagian penting dalam keselamatan dan kesehatan menghadapi pandemi Covid-19. Apalagi sampai saat ini, kasus penyebaran virus corona di Bali masih terus terjadi.

Dia menjelaskan, delapan Kodim yang berada di bawah Korem 163/Wira Satya Denpasar saat ini telah menurunkan personel di sejumlah fasilitas publik yang mulai kembali dibuka di era new normal.

Sasarannya antara lain pasar tradisional, toko-toko, tempat penyelenggaraan ibadah keagamaan dan juga tempat-tempat wisata yang sudah mulai dibuka termasuk fasilitas publik lainnya yang memang berdasarkan pertimbangan membutuhkan untuk diawasi dan dimonitor.

Menurutnya, implementasi pendisiplinan di lapangan tetap bersinergi bersama aparat kepolisian, Satpol PP, desa dinas, desa adat termasuk pecalang sebagai unsur pengamanan tradisional. Petugas yang diturunkan di antaranya mengawasi pemakaian masker yang tepat, dan menjaga jarak.

"Kita mengawasi mobilitas masyarakat seperti di pasar apakah sudah menggunakan masker. Pada fasilitas publik semacam pasar atau tempat wisata apakah sudah ada cek suhu, penyediaan fasilitas cuci tangan dan pemberitahuan melalui pengeras suara untuk jaga jarak baik physical maupun social distancing," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra pernah menuturkan, pemerintah akan melibatkan TNI dan Polri untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Di antaranya penerapan di fasilitas publik yang berisiko tinggi jadi tempat penyebaran Covid-19 seperti di pasar tradisional.


Editor : Reza Yunanto