SKN 2022: BAPETEN dan Unud Sampaikan Pentingnya Pengawasan Ketenaganukliran

Rizqa Leony Putri ยท Rabu, 24 Agustus 2022 - 20:44:00 WITA
SKN 2022: BAPETEN dan Unud Sampaikan Pentingnya Pengawasan Ketenaganukliran
Seminar Keselamatan Nuklir (SKN) 2022 kembali digelar oleh BAPETEN secara daring dan luring. (Foto: dok BAPETEN)

BALI, iNews.id - Seminar Keselamatan Nuklir (SKN) 2022 kembali digelar. Kali ini, forum ilmiah nasional yang secara rutin diselenggarakan oleh BAPETEN setiap tahun tersebut diselenggarakan secara daring dan luring.

Pada kesempatan ini, beberapa tokoh turut hadir sebagai pembicara utama. Mereka di antaranya, yaitu Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Alue Dohong yang hadir secara virtual, serta Anak Agung Ngurah Gunawan dari FMIPA Universitas Udayana.

Kemudian, Waste Safety Specialist dari Division of Radiation, Transport and Waste Safety Department of Nuclear Safety and Security International Energy Atomic Energy (IAEA) David Bennett dan Armin Lagumdzija yang juga hadir secara virtual. 

Adapun tema yang diangkat dalam SKN kali ini, yaitu "Peran Pengawasan Ketenaganukliran dalam Transisi Energi Hijau dan Pengelolaan Limbah Radioaktif". Tema tersebut diambil seiring untuk menyambut KTT G20 2022 mendatang di Bali.

"Tema besar (KTT G20 2022) yang diangkat adalah mengenai transisi energi, dan seiring dengan perhatian pemerintah yang lebih besar terhadap isu-isu transisi energi bersih dan pengelolaan limbah radioaktif, maka BAPETEN mengangkat tema tersebut dalam SKN 2022," ujar Plt Kepala BAPETEN Sugeng Sumbarjo.

SKN 2022 diharapkan dapat menjadi salah satu sarana untuk memperkaya ilmu pengetahuan, pertukaran dan penyebaran informasi, mengakomodasi masukan dari para ilmuwan/pakar dan penggiat teknologi keselamatan nuklir

Selain itu, seminar ini juga turut menjadi sarana untuk sosialisasi ke pihak luar dan penguatan koordinasi dengan institusi lain dalam hal kontribusi keilmuan dan teknologi keselamatan nuklir di Indonesia.

SKN 2022 terselenggara secara luring dan daring atas kerja sama antara BAPETEN dan Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Udayana (UNUD), sebagai salah satu implementasi pelaksanaan nota kesepahaman (MoU) antara BAPETEN dan Universitas Udayana.

Editor : Rizqa Leony Putri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: