Satpol PP Catat 6 Turis Asing Menggelandang di Bali akibat Pandemi

Miftachul Chusna ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 15:25 WIB
Satpol PP Catat 6 Turis Asing Menggelandang di Bali akibat Pandemi
Satpol PP Badung mengamankan turis Rusia yang hidup menggelandang di Bandara Ngurah Rai, Bali, Senin (13/7/2020). (Foto: Satpol PP Badung)

DENPASAR, iNews.id - Sejumlah warga negara asing (WNA) hidup menggelandang di Bali sejak terjadi pandemi Covid-19. Setidaknya ada enam WNA yang diamankan Satpol PP dalam sebulan terakhir.

"Bulan Juli ini saja kita sudah mengamankan enam bule yang kehabisan bekal," kata Kepala Satpol PP Kabupaten Badung, Bali, I Gusti Agung Suryanegara, Kamis (30/7/2020).

Dia mengatakan, enam WNA tersebut ditemukan dalam kondisi yang berbeda-beda. Namun para WNA itu terindikasi mengalami depresi akibat persoalan yang serupa, yakni kehabisan bekal uang untuk bertahan hidup di Bali.

Menurutnya saat diinterogasi bule-bule pelancong itu mengaku sudah tidak punya uang.

"Jangankan bayar hotel atau vila, untuk makan saja minta temannya. Kalau temannya sudah tidak bisa membantu, mintalah makan ke warga," ujarnya.

Namun demikian, fenomema tersebut bisa saja modus agar para pelancong yang kini jatuh miskin itu bisa dipulangkan ke negaranya.

"Kalau langsung minta uang ke konsulat, saya rasa tidak dikasih. Mereka jadi terlunta-lunta lalu diamankan dan diserahkan ke imigrasi. Imigrasi lalu menghubungi pihak konsulat sehingga nantilah konsulat yang memulangkan," ujarnya.

Dalam catatan Satpol PP Badung, enam WNA yang diamankan karena hidup menggelandang itu yakni warga negara Amerika Serikat, Perancis, Rumania, Inggris, dan dua warga negara Rusia.


Editor : Reza Yunanto