Pelaku Pariwisata Bali Gelar Upacara Bendera di Bawah Laut

Zainuddin Yasin ยท Senin, 17 Agustus 2020 - 20:07 WITA
Pelaku Pariwisata Bali Gelar Upacara Bendera di Bawah Laut
Pelaku pariwisata di Buleleng, Bali menggelar upacara bendera di bawah laut, Senin (17/8/2020). (iNews.id/Zainuddin Yasin)

BULELENG, iNews.id - Pelaku pariwisata di Kabupaten Buleleng, Bali menggelar upacara HUT RI dengan cara berbeda. Upacara pengibaran bendera merah putir digelar di bawah laut

Upacara unik itu dilakukan pelaku pariwisata di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Senin (17/8/2020). Selain pelaku pariwisata, peserta upacara juga diikuti oleh Kelompok Sadar Pariwisata, Pecalang, Banser serta Tridatu

Pengibaran bendera merah putih di bawah laut ini sudah pernah digelar empat tahun lalu, namun tidak berlanjut di tahun berikutnya.

"Namun tahun ini hampir semua pelaku pariwisata di Desa Pemuteran sepakat dengan tujuan menghidupkan kembali objek wisata," ujar Ketua Panitia, Komang Sumantara, Senin (17/8/2020).

Dia menambahkan, lokasi penyelaman dipilih di perairan Desa Pemuteran yang terkenal sebagai objek wisata bahari. Di lokasi tersebut terdapat biorock dan arca buatan yang diletakkan di dasar laut sebagai upaya melestarikan biota laut.

Pengibaran bendera di bawah laut dimulai pukul 10.00 WITA. Sejumlah penyelam yang bertugas menggerek bendera merah putih menyelam di sekitar biorock dan menggelar upacara sekaligus mengibarkan bendera.


Editor : Reza Yunanto