Berhenti saat Detik Proklamasi, Pengendara di Denpasar Beri Hormat ke Merah Putih

Bagus Alit ยท Senin, 17 Agustus 2020 - 15:55:00 WITA
Berhenti saat Detik Proklamasi, Pengendara di Denpasar Beri Hormat ke Merah Putih
Pengendara berhenti sejenak di perempatan Pesanggaran, Denpasar, Bali bertepatan dengan detik-detik proklamasi, Senin (17/8/2020). (iNews.id/Bagus Alit)

DENPASAR, iNews.id - Bertepatan dengan detik-detik proklamasi, pengendara yang melintas di persimpangan Pesanggaran di Denpasar, Bali menghentikan aktivitasnya. Para pengendara mengambil sikap sempurna untuk memberi hormat ke bendera merah putih selama tiga menit.

Peringatan HUT RI ini digelar Polda Bali dan TNI Angkatan Laut (AL). Sekitar pukul 11.15 WITA, Senin (17/8/2020), petugas menghentikan seluruh penggendara jalan yang kebetulan melintas di persimpangan Pesanggaran.

Selanjutnya, masing-masing dua personel dari Polda Bali dan TNI AL membawa bendera merah putih ke tengah-tengah perempatan. Tepat pukul 11.17 WITA yang merupakan detik-detik proklamasi kemerdekaan, dilakukan penghormatan bendera diikuti suara sirene mobil.

Masyarakat sekitar maupun pengendara jalan yang kebetulan melintas pun turun dari kendaraannya dan dengan antusias mengambil sikap sempurna saat menghormat bendera merah putih. Upacara yang berlangsung sederhana dan sangat minimalis ini tetap berlangsung khidmat.

"Melalui kegiatan ini seluruh masyarakat Kota Denpasar bisa merasakan perjuangan kemerdekaan," tutur Wakasat Lantas Polresta Denpasar, AKP Kanisius Franata di lokasi, Senin (17/8/2020).

Menurutnya, selain di simpang Pesanggaran, hal yang sama juga dilakukan serentak di setiap persimpangan jalan di Kota Denpasar.

Pengendara yang kebetulan melintas baik kendaraan roda dua maupun roda empat diminta berhenti sejenak untuk memberi hormat kepada merah putih.


Editor : Reza Yunanto