Pedagang Ayam di Bali Positif Corona, 74 Orang di Buleleng Dites Swab

Pande Wismaya ยท Kamis, 14 Mei 2020 - 14:25 WIB
Pedagang Ayam di Bali Positif Corona, 74 Orang di Buleleng Dites Swab
Pengambilan tes swab pada warga Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula, Buleleng, akibat transmisi lokal beberapa waktu lalu (foto: Pande Wismaya)

BULELENG, iNews.id - Sebanyak 74 orang dari dua desa di Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali menjalani tes swab, Kamis (14/5/2020). Tes swab dilakukan setelah seorang pedagang ayam di wilayah itu positif terjangkit virus corona (Covid-19).

Pedagang ayam yang positif corona itu berada di Desa Julah. Selain Desa Julah, tes swab juga dilakukan di Desa Bondalem yang saat ini masih dikarantina karena kasus transmisi lokal yang mengkhawatirkan.

Tes swab dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Buleleng. Di Desa Julah, tes swab dilakukan terhadap 18 orang yang sempat kontak langsung dengan pedagang ayam yang positif corona itu.

Sedangkan di Desa Bondalem, tes swab dilakukan terhadap 56 orang di Banjar Dinas Sang Buda. Tes swab di Desa Bondalem dilakukan untuk memetakan transmisi lokal di desa tersebut, yang hingga kini sudah menemukan 32 orang positif terjangkit corona.

Kepala Desa Bondalem Ngurah Sadu Adnyana mengatakan, tes swab terus dilakukan di wilayahnya karena Pemerintah Kabupaten (pemkab) Buleleng ingin memastikan kasus transmisi lokal di Bondalem segera tuntas dan karantina wilayah bisa diakhiri.

"Sehingga warga bisa cepat beraktivitas," ujar Adnyana.

Sebelumnya, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa mengatakan Pemkab Buleleng mempercepat tes swab di Kecamatan Tejakula yang saat ini dikarantina agar kasus transmisi lokal virus corona (Covid-19) di wilayah tersebut segera teratasi.

"Kalau hasil tes swab massal tidak ada positif, kita bisa segera deklarasikan kalau kasus Covid-19 di sana sudah tuntas,” ujar pria yang juga Sekretaris Daerah Buleleng ini.


Editor : Reza Yunanto