Tiba di Bali, 242 ABK WNI Dites Swab dan Masuk Karantina

Antara ยท Rabu, 13 Mei 2020 - 07:04 WIB
Tiba di Bali, 242 ABK WNI Dites Swab dan Masuk Karantina
Ratusan ABK WNI tiba di Bandara Ngurah Rai, Bali, Selasa (12/5/2020). (Foto: Pemprov Bali)

DENPASAR, iNews.id -Sebanyak 242 anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Selasa (12/5/2020). Dinyatakan bebas virus corona (Covid-19), ratusan WNI itu tetap menjalani swab test dan dibawa ke karantina.

"Mereka tiba di Bali menggunakan pesawat sewaan langsung dari Bandara Internasional Hamburg Jerman menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali," kata Kepala Penerangan Kodam IX Udayana, Kolonel Johny Harianto di Denpasar, Selasa (12/5/2020).

Dia mengatakan, ratusan ABK tersebut bekerja untuk kapal Mein Schiff 3. Perusahaan yang mempekerjakan ratusan WNI itu menyatakan telah mengarantina dan melakukan tes swab terhadap para ABK hingga dinyatakan bebas Covid-19.

Kendati demikian, ratusan ABK tersebut tetap melalui protokol kesehatan Coivd-19 saat tiba di Bali.

Setelah tiba di Bandara Ngurah Rai, ratusan ABK WNI itu menjalani swab test yang dilakukan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Bandara Ngurah Rai. Kemudian, mereka dibawa ke lokasi karantina sementara di LPMP Denpasar.

"Setelah berada di LPMP, selanjutnya mereka didata dan dijemput oleh masing-masing Satgas Covid-19 kabupaten/kota untuk dibawa ke karantina yang telah disiapkan," ujarnya.

Dia menambahkan, keberadaan Kodam IX Udayana dalam Satgas Covid-19 ditunjuk langsung oleh Markas Besar TNI karena Bali ditunjuk sebagai debarkasi kedatangan pekerja migran asal Indonesia.

Dua lokasi yang menjadi debarkasi kedatangan pekerja migran Indonesia di Bali yakni Bandara Ngurah Rai dan Pelabuhan Benoa.

"Panglima Kodam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Benny Susianto ditunjuk menjadi panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu terkait penanggulangan Covid-19 khusus bagi kedatangan PMI ataupun ABK yang diturunkan di Bali," tuturnya.


Editor : Reza Yunanto