Pedagang Ayam Positif Covid-19, Diduga Tertular dari Pembeli

Pande Wismaya ยท Rabu, 13 Mei 2020 - 19:45 WIB
Pedagang Ayam Positif Covid-19, Diduga Tertular dari Pembeli
RS Pratama Giri Emas di Buleleng sebagai rumah sakit rujukan pasien positif Covid-19 (foto: Pande Wismaya)

BULELENG, iNews.id – Kasus positif Covid-19 di Buleleng bertambah satu orang, Rabu (13/5/2020). Satu pasien terkonfirmasi positif ini teregister Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 52, yang keseharian bekerja sebagai pedagang ayam.

Menurut Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, pasien ini hanya berjualan di rumahnya sendiri di Kecamatan Tejakula. “Yang bersangkutan tidak berjualan di pasar, tetapi di rumah. Pembeli yang datang langsung ke rumahnya,” kata Gede Suyasa saat menggelar konferensi pers di Buleleng.

Suyasa menduga pasien ini tertular Covid-19 dari pembeli. Terkait hal ini, tim surveilans dari gugus tugas telah melakukan tracing terhadap sejumlah orang yang sempat kontak dengan PDP 52 ini.

“Dari hasil tracing kita sudah menemukan 19 orang yang sempat kontak dengan pedagang ayam ini. Besok (Kamis, 14/5/2020), akan kita ambil swabnya,” ucap Suyasa.

Selain di desa tempat tinggal pedagang ayam ini, tes swab juga akan digelar di Desa Bondalem besok, Kamis (13/5/2020). Tes swab semula dilakukan hari ini dengan mengambil sampel sekitar 200 orang, tapi gagal dilakukan.

“Swab massal yang rencananya akan mengambil sampel 200 orang batal dilakukan karena aparat desa kesulitan mengajak warganya untuk menjalani tes swab,” katanya.

Menurut Suyasa, dari 200 orang dari hasil tracing sempat kontak dengan pasien positif Covid-19, 50 orang bersedia mengikuti tes swab. “Kami memahami warga yang akan diambil swab mengalami beban psikologi, dan ada kekhawatiran sehingga sebisa mungkin akan menghindar,” kata Suyasa.

Sementara untuk pasien sembuh di Buleleng bertambah satu orang, yaitu PDP dengan register 18. Pasien perempuan usia 70 tahun ini juga memiliki riwayat penyakit jantung.

“PDP register 18 sudah sembuh, dan sekarang yang bersangkutan sudah di rumah,” kata Suyasa. Sebelumnya, PDP 18 ini merupakan pedagang di Pasar Desa Bondalem.

Dia tertular Covid-19 dari transmisi lokal pasien register 13, warga satu desa yang lebih dulu dinyatakan sembuh.

Dengan demikian pasien positif Covid-19 kumulatif di Buleleng ada 45 orang, dengan 22 orang telah sembuh. Sementara yang masih dirawat ada 23 orang, 18 orang di Rumah Sakit Pratama Giri Emas, dan lima orang di rumah sakit rujukan di Denpasar.

Selain pasien positif, Rumah Sakit Giri Emas juga merawat satu PDP register 51 asal Kecamatan Seririt. Pasien itu sempat menjalani rapid test dan hasilnya reaktif.

Pasien ini juga sempat dirawat selama tiga hari di RSUD Buleleng. Karena itu, tim medis yang sempat menangani pasien ini akan diambil swabnya.

“Pasien ini kita rawat sambil menunggu tes swab yang dilakukan petugas. Jika dua kali swab hasilnya negatif, maka pasien ini bisa dipulangkan,”ujarnya.


Editor : Dewi Umaryati