Patut Dicontoh, Warga Bali Ini Gratiskan Sembako dan Nasi Goreng di Lapaknya

Antara ยท Rabu, 08 April 2020 - 09:43:00 WITA
Patut Dicontoh, Warga Bali Ini Gratiskan Sembako dan Nasi Goreng di Lapaknya
Warga menyiapkan paket sembako yang akan dibagikan kepada warga lainnya yang membutuhkan. (Foto: Antara/Fikri Yusuf)

BADUNG, iNews.id - Sejumlah warga di Kota Denpasar, Bali, membagikan sembako dan makanan kepada warga, khususnya mereka yang pekerjaannya terdampak Covid-19. Paket sembako dan nasi goreng pun diberikan secara cuma-cuma.

"Kami melakukan pembagian paket sembako dan makanan secara gratis kepada mereka yang membutuhkan sebagai aksi solidaritas kami terhadap warga yang mengalami kesulitan ekonomi akibat wabah virus corona," ujar seorang warga yang membagi sembako, Veni Novitasari, di kawasan Panjer, Denpasar, Selasa (7/4/2020).

Dia bersama sejumlah rekannya melakukan aksi pembagian sembako dan makanan gratis berupa nasi goreng di depan tempat usaha miliknya di kawasan Tukad Yeh Aya Denpasar. Puluhan paket sembako yang berisi beras, minyak goreng, mi instan dan sejumlah kebutuhan pokok lainnya itu dibagikan kepada sejumlah kalangan seperti para pekerja yang terkena PHK, pengemudi ojek daring, pedagang keliling serta tukang parkir.

Menurutnya, pandemi Covid-19 sangat berdampak kepada berbagai sektor usaha di Pulau Dewata, khususnya industri pariwisata. Banyak karyawan hotel dirumahkan sementara hingga mengalami PHK sehingga mengalami kesulitan ekonomi.

Ke depannya, dia bersama rekan-rekannya juga berencana kembali melakukan penggalangan donasi untuk melakukan aksi serupa.

"Kami juga berupaya menggerakkan teman dan warga lainnya untuk melakukan aksi sama sebagai wujud solidaritas antar sesama manusia," kata Veni.

Aksi pembagian sembako maupun makanan di sejumlah wilayah di Bali tersebut tidak hanya dilakukan oleh Veni bersama rekan-rekannya. Selama beberapa hari terakhir, aksi solidaritas serupa juga beberapa kali dilakukan warga maupun komunitas lain di titik berbeda.

Seorang pengemudi ojek daring, Sobru, mengatakan, dirinya bersama rekan seprofesinya merasa sangat terbantu dengan adanya program pembagian sembako dan makanan secara gratis itu.

"Sekarang ada virus corona ini kejar target sangat susah, sehari kadang sudah ke luar mulai pagi sampai malam hari tidak bisa kejar target. Untuk orderan makanan warung sekarang kendalanya jam bukanya juga dibatasi. Jadi dengan adanya bantuan ini kami merasa sangat terbantu dan berterima kasih," ujarnya.

Editor : Nani Suherni