Bupati Badung Minta Kejaksaan Jelaskan Penggunaan Dana Desa untuk Tangani Corona

Antara ยท Selasa, 07 April 2020 - 22:00 WIB
Bupati Badung Minta Kejaksaan Jelaskan Penggunaan Dana Desa untuk Tangani Corona
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta (tengah). (Foto: Antara)

BADUNG, iNews.idBupati Badung I Nyoman Giri Prasta mendukung penggunaan Dana Desa untuk menghadapi virus corona (Covid-19). Dia meminta Kejaksaan memberi arahan kepada Perbekel (kepala desa) agar penggunaan Dana Desa tidak bermasalah secara hukum.

“Kami memerlukan pendampingan dari Kejari Badung agar pemanfaatan, penggunaan dan pengelolaan dana desa sesuai dengan regulasi aturan dan perundang-undangan yang berlaku," ujar Bupati dalam rapat melalui telekonfrensi, Selasa (7/4/2020).

Dalam rapat tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Badung, Hari Wibowo diminta memberi arahan dan pemahaman kepada perangkat desa, terutama Perbekel (Kepala Desa).

Bupati Giri mengatakan, dirinya mendukung penggunaan dana desa tersebut. Apalagi hal itu telah dianjurkan oleh Kementerian Desa. Apalagi saat ini dibutuhkan dana besar untuk melakukan pencegahan.

“Silakan alokasinya diatur di musyawarah desa, yang penting gerak cepat. Selain itu, program padat karya tunai tetap perlu dilakukan untuk menggerakkan ekonomi desa, dengan tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19," katanya.

Dia berharap, seluruh perbekel dapat terus memberikan perhatian serius terkait pencegahan corona, dan tidak menganggap remeh kondisi yang ada saat ini.

Selain itu, perbekel juga diminta mulai dengan memberikan penjelasan kepada warganya kenapa social distancing perlu dilakukan.

"Kami juga mengingatkan agar kegiatan yang ada di wilayahnya yang berpotensi mendatangkan kerumunan banyak orang dapat dibatasi," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto