Pasar Galiran di Klungkung Ditutup 22-24 Juni untuk Penyemprotan Disinfektan

dewi umaryati ยท Jumat, 19 Juni 2020 - 15:28 WIB
Pasar Galiran di Klungkung Ditutup 22-24 Juni untuk Penyemprotan Disinfektan
Ilustrasi pasar tradisional. (dok iNews.id)

KLUNGKUNG, iNews.id - Pasar Galiran di Kabupaten Klungkung, Bali akan ditutup selama tiga hari mulai 22 Juni hingga 24 Juni 2020. Penutupan untuk mencegah meluasnya penyebaran virus corona (Covid-19) di pasar tersebut.

"Pasar akan kami tutup sementara selama tiga hari, langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk memutus penyebaran virus corona," ujar Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta di Klungkung, Jumat (19/6/2020).

Suwirta mengatakan, penutupan itu tak terlepas dari pengamatan yang mencatat penyebaran Covid-19 di Klungkung sebagian besar terjadi dari Pasar Galiran, dan mengalami peningkatan yang pesat beberapa hari terakhir.

Selama penutupan itu, pasar akan disemprot disinfektan selama tiga hari berturut-turut. Selanjutnya akan dilakukan penataan dengan membenahi sirkulasi dan gang-gang di dalam pasar yang penuh dengan tumpukan barang.

"Sehingga ketika kita kembali nantinya membuka normal pasar itu antarpenjual dengan pembeli jaraknya bisa terjaga dengan baik," katanya.

Berikutnya akan disiapkan infrastruktur terkait protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan, penyediaan hand sanitizer dan disinfektan.

Sebelumnya sebanyak 172 pedagang di Pasar Galiran telah menjalani rapid test. Dari peserta rapid test itu, ada 11 orang yang reaktif. Kemudian setelah dilanjutkan tes swab, pada enam orang dinyatakan positif terjangkit Covid-19.


Editor : Reza Yunanto