36 Warga Denpasar Positif Covid-19, Mayoritas Orang Tanpa Gejala

Antara · Jumat, 19 Juni 2020 - 11:41 WIB
36 Warga Denpasar Positif Covid-19, Mayoritas Orang Tanpa Gejala
RSUP Sanglah Denpasar Bali. (Foto: Istimewa)

DENPASAR, iNews.id - Kasus positif virus corona (Covid-19) di Denpasar, Bali mengalami lonjakan signifikan pada Kamis (18/6/2020). Total ada 36 orang yang dinyatakan positif terjangkit virus mematikan itu.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Denpasar, Dewa Gede Rai mengatakan, 36 orang yang dinyatakan positif Covid-19 itu merupakan kasus transmisi lokal.

"Sebanyak 36 orang dinyatakan positif Covid-19 di Kota Denpasar akibat transmisi lokal," kata Dewa Gede Rai di Denpasar, Kamis (18/6/2020) malam.

Dewa Rai menjelaskan, sebanyak 23 orang dari 36 kasus terbaru di Denpasar itu sebelumnya merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG). Hal tersebut yang menurutnya harus diwaspadai oleh masyrakat saat ini. Sebab mereka yang tidak memperlihatkan gejala terpapar Covid-19 ternyata membawa virus itu.

"Masyarakat diharapkan lebih waspada, karena siapa saja bisa jadi carrier termasuk dalam lingkungan keluarga, untuk sementara jangan berkumpul dan lebih disiplin ikuti protokol kesehatan," kata pria yang juga Kabag Humas Pemkot Denpasar ini.

Dewa Rai mengatakan, selain kasus positif, yang juga menjadi perhatian saat ini yaitu keberadaan OTG. Hasil penelusuran Tim Gugus Tugas Covid-19 bersama desa dan kelurahan menemukan peningkatan jumlah OTG dan hal ini menjadi ancaman penularan baru.

"Kami berusaha untuk menelusuri kasus yang terjadi, sebab kalau tidak terdeteksi, ini bisa jadi ancaman akan penyebaran yang lebih luas dan nantinya bisa lebih membahayakan," katanya.

Dewa Rai mengatakan, jumlah OTG yang terdeteksi di Denpasar sebanyak 1.312 orang. Namun, 438 OTG dinyatakan telah sembuh karena disiplin menjalani isolasi. Sehingga masih ada 874 OTG yang menjalani isolasi.

Sementara itu, jumlah akumulasi kasus positif Covid-19 di Denpasar hingga Jumat (19/6/2020) mencapai 277 orang. Dari jumlah itu 104 sudah sembuh, dua meninggal dunia, dan 171 orang masih menjalani perawatan di rumah sakit rujukan Covid-19.

Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) secara kumulatif tercatat 312 kasus, namun sudah menjalani isolasi mandiri dan dinyatakan sehat sebanyak 276, sehingga masih tersisa 36 ODP.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) secara kumulatif sebanyak 106 kasus, namun 36 orang sudah dinyatakan negatif setelah menjalani swab test, sehingga tersisa 70 yang berstatus PDP.


Editor : Reza Yunanto