Mulai 28 Mei, Pendatang Masuk Bali Wajib Tunjukkan Hasil Swab Negatif Corona

Antara ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 09:56 WIB
Mulai 28 Mei, Pendatang Masuk Bali Wajib Tunjukkan Hasil Swab Negatif Corona
Sekda Bali Dewa Made Indra. (Foto: Antara)

DENPASAR, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali mengeluarkan kebijakan terbaru untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Setiap orang yang tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai wajib menunjukkan hasil uji swab dengan hasil negatif.

Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra mengatakan kebijakan itu berlaku mulai 28 Mei 2020.

"Uji swab dengan metode PCR merupakan filter yang kuat. Selama ini kita gunakan rapid test, hasilnya tidak memberikan keyakinan penuh," kata Made Indra dalam keterangan melalui teleconference di Denpasar, Kamis (21/5/2020) malam.

Made Indra mengatakan, kebijakan itu diambil karena mereka yang rapid test dan hasilnya nonreaktif belum tentu bebas dari Covid-19. Dalam beberapa kasus, ditemukan mereka yang nonreaktif rapid test tapi kemudian dinyatakan positif terjangkit virus corona berdasarkan swab PCR.

"Mereka yang hasil rapid testnya nonreaktif tidak seterusnya tetap negatif Covid-19. Ini yang kami evaluasi dan tingkatkan upaya penanganannya," ujarnya.

Dia mengatakan, kewajiban menunjukkan hasil swab negatif itu terkait dengan rencana pemerintah menjadikan Bali sebagai daerah di Indonesia yang pertama pulih dari Covid-19.

Karena itu Bali ingin melakukan seleksi yang sangat ketat terhadap mereka yang akan masuk ke Pulau Dewata.  Baik itu warga negara Indonesia maupun asing.

"Kita sepakat Bali segera pulih, tetapi juga harus sepakat untuk melakukan seleksi ketat terhadap orang yang masuk Bali," katanya.

Menurut Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Bali ini, pemberlakuan wajib hasil swab negatif itu juga bagian dari seleksi ketat yang diupayakan Bali agar tak muncul lagi klaster baru dalam penyebaran Covid-19.

"Kami memahami penerapan wajib hasil uji swab negatif bagi penumpang yang turun di Bandara Ngurah Rai bukanlah hal yang mudah, karena bandara di daerah lain belum menerapkan instrumen seperti ini," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Wayan Koster, mengirim surat kepada Menteri Perhubungan. Isi surat meminta pengendalian yang lebih ketat di pintu masuk wilayah Bali untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19), dengan mewajibkan semua penumpang membawa hasil uji swab yang menyatakan negatif terjangkit virus.

Menhub telah merespons surat itu, dengan mengirimkan surat ke Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV Denpasar untuk melakukan pengendalian kedatangan penumpang di Bandara Ngurah Rai dengan mewajibkan penumpang menunjukkan hasil swab negatif.


Editor : Reza Yunanto