Masjid Agung Sudirman Denpasar Gelar Salat Idul Adha, Pembatas Jarak Antarjemaah Dipasang

Aris Wiyanto ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 15:03 WIB
Masjid Agung Sudirman Denpasar Gelar Salat Idul Adha, Pembatas Jarak Antarjemaah Dipasang
Masjid Agung Sudirman Denpasar, Bali akan menggelar Sholat Idul Adha dengan penerapan protokol kesehatan dan terbatas untuk kalangan internal Asrama Kodam IX Udayana. (iNews.id/Aris Wiyanto)

DENPASAR, iNews.id - Masjid Agung Sudirman di Denpasar, Bali akan menggelar sholat Idul Adha 1441 Hijriah. Penyelenggaraan sholat sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Pantauan iNews.id, sejumlah pengurus masjid melakukan persiapan penerapan protokol kesehatan di area masjid. Di antaranya memasang alas terpal dan penanda batas jaga jarak antarjemaah.

Pelaksanaan salat juga akan membatasi kehadiran jemaah di lokasi demi menjaga jarak antarjemaah. Petugas akan membatasi jemaah yang hadir bila kapasitas sudah terlalu padat.

"Kalau kapasitas sudah terpenuhi, pintu kita tutup," tutur Ketua Pengurus Masjid Agung Sudirman, Mayor Inf Nur Hidayat di lokasi, Kamis (30/7/2020).

Dia mengatakan, untuk tahun ini salat Idul Adha agak berbeda dari tahun sebelumnya. Pelaksanaan salat di masjid yang terletak di lingkungan Asrama Kodam IX Udayana ini hanya terbatas untuk kalangan internal saja.

"Kalau seandainya diizinkan salat idul adha, kami siap menggelar. Hanya dengan catatan salat Idul Adha hanya untuk intern saja," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Agama Provinsi Bali sudah mengeluarkan panduan menjalankan ibadah Hari Raya Idul Adha di masjid atau musala. Panduan tersebut termasuk cara penyembelihan dan pembagian daging hewan kurban untuk meminimalkan risiko penyebaran Covid-19.


Editor : Reza Yunanto