Majelis Hakim PN Denpasar Kabulkan Sidang Jerinx Digelar Offline

dewi umaryati ยท Selasa, 06 Oktober 2020 - 12:30:00 WITA
Majelis Hakim PN Denpasar Kabulkan Sidang Jerinx Digelar Offline
Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Denpasar mengabulkan persidangan kasus Jerinx digelar secara tatap muka (offline).

DENPASAR, iNews.id - Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Denpasar memberi kesempatan persidangan terdakwa I Gede Ary Astina alias Jerinx digelar secara tatap muka atau offline. Kesempatan itu diberikan majelis hakim untuk pemeriksaan saksi dan terdakwa.

"Setelah kami bermusyawarah dan melihat perkembangan persidangan selama ini, untuk pemeriksaan saksi dan terdakwa perlu dilakukan secara offline," tutur ketua majelis hakim Ida Ayu Nyoman Adnya Dewi di persidangan, Selasa (6/10/2020).

Dia mengatakan, pertimbangan itu didasari oleh tujuan persidangan yang ingin mencari kebenaran materil sebagaimana yang ditentukan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). Selain itu majelis hakim melihat bahwa dasar hukum penerapan persidangan secara online oleh Mahkamah Agung juga tidak bersifat imperatif.

"Keputusan majelis hakim yang demikian bukan untuk memenuhi permintaan terdakwa, namun berdasarkan pertimbangan yang dikemukakan tadi," tuturnya.

Kendati demikian, majelis hakim menekankan sidang yang digelar secara offline ini sifatnya kasuistis. Hal ini bertujuan untuk memberi kebebasan kepada penasehat hukum dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan bukti-bukti secara visual di persidangan.

Dalam putusan sela yang dibacakan hari ini, majelis hakim menolak eksepsi yang disampaikan Jerinx dan penasehat hukumnya. Majelis hakim memerintahkan persidangan dilanjutkan dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi dari JPU.

"Menolak eksepsi terdakwa," ujar ketua majelis hakim.

Persidangan selanjutnya akan dilakukan pada Selasa (13/10/2020) dengan agenda pemeriksaan saksi dari JPU.


Editor : Reza Yunanto