Kisah Barong Landung, Cerita Cinta Raja Bali yang Jadi Simbol Keharmonisan

Tri Erysandi · Rabu, 21 September 2022 - 14:10:00 WITA
Kisah Barong Landung, Cerita Cinta Raja Bali yang Jadi Simbol Keharmonisan
Kisah Barong Landung cerita cinta Raja Bali. (Foto: kemenag.go.id)

JAKARTA, iNews.id - Kisah Barong Landung cerita cinta Raja Bali telah menjadi simbol cinta sejati dan keharmonisan. Barong Landung diyakini memiliki nilai spiritual.

Barong Landung berbentuk sepasang boneka yang sangat tinggi. Satu barong bersosok laki-laki warna hitam dan satu barong perempuan berwarna putih dengan mata sipit. 

Menurut kepercayaan di Bali, Barong Landung dikenal sebagai perwujudan dari raja penguasa Bali pada zaman Bali Kuno, yakni Sri Jaya Pangus dengan permaisurinya asal Tiongkok, Kang Ching Wie.

Kisah Barong Landung

Kisah Barong Landung dimulai pada zaman Kerajaan Bali kuno, Balingkang dengan Raja Sri Jaya Pangus. Pada masa pemerintahannya, sang raja sering melakukan kerjasama dengan pedagang Tiongkok.  

Pada saat itu perekonomian masyarakat sangat baik. Mereka hidup sangat makmur dan tenteram. Mulai dari ketahanan militer hingga perdagangannya.

Karena sering melakukan kerja sama dengan Tiongkok inilah, Raja Jaya Pangus bertemu dengan seorang wanita Tiongkok bernama Kang Cing We yang merupakan putri dari saudagar kaya raya. Kecantikan wajah Kang Cing We membuat Raja Jaya Pangus ingin meminangnya.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: