Dubes Rusia Surati Gubernur Bali, Minta Pecalang Tak Halangi Warganya yang Ingin Pulang

Antara ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 21:07 WITA
Dubes Rusia Surati Gubernur Bali, Minta Pecalang Tak Halangi Warganya yang Ingin Pulang
Wayan Koster (Foto: Antara)

DENPASAR, iNews.id - Dubes Rusia di Jakarta Ludmila Vorobeiva mengirim surat kepada Gubernur Bali Wayan Koster. Isi surat tersebut meminta agar Gubernur Bali membantu 500 warga Rusia yang terkendala menuju ke Bandara Ngurah Rai.

Surat bersifat segera itu dikirim pada Kamis (26/2/2020) sore. Surat tersebut dikirim karena 500 warga Rusia yang hendak pulang menggunakan Maskapai Rossiya Airlines dengan nomor penerbangan SU 6296 pada Kamis (26/3/2020) malam nanti tidak bisa menuju bandara karena mendapat pelarangan melintas jalan oleh pecalang Bali.

Pecalang tersebut melarang warga Rusia keluar dari hotel lantaran Bali sedang memberlakukan pembatasan aktivitas warga dan transportasi sehari setelah Hari Raya Nyepi.

Dalam surat tersebut, Dubes Vorobeiva memohon agar 500 warga Rusia tersebut diizinkan ke luar dari hotel dan melintasi jalan menuju bandara.

Atas surat tersebut, Gubernur Wayan Koster telah memerintahkan aparat kepolisian membantu kepulangangan 500 warga Rusia tersebut.

Koster meminta pecalang tak menghambat warga Rusia yang hendak menuju ke Bandara untuk kembali ke negaranya.

"Bapak Gubernur Bali meminta kepada aparat keamanan, bendesa adat dan pecalang, di wilayah manapun hotel tempat warga Rusia itu menginap, agar mengizinkan warga tersebut ke luar melewati jalan menuju bandara. Tidak boleh menghambat agar bisa sampai di bandara tepat waktu dan bisa terbang sesuai jadwal," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali Gede Pramana, di Denpasar, Kamis (26/3/2020).

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Bali Wayan Koster mengimbau warga Bali untuk tetap berada di rumah sehari setelah Hari Nyepi. Imbauan itu dilakukan untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19) di Bali meluas.


Editor : Reza Yunanto