Corona Merebak di Berbagai Negara, Pengiriman Pekerja Migran Asal Bali Ditunda

Antara ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 17:16 WIB
Corona Merebak di Berbagai Negara, Pengiriman Pekerja Migran Asal Bali Ditunda
Pekerja Migran Indonesia di Malaysia ( dok iNews.id)

DENPASAR, iNews.id - Pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Provinsi Bali ke luar negeri dihentikan sementara. Keputusan itu terkait dengan virus corona yang masih merebak di sejumlah negara.

Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Denpasar, Bali telah memutuskan untuk tidak melakukan penempatan pekerja migran pada tahun ini.

"Sesuai edaran menyatakan bahwa untuk saat ini penempatan dihentikan sementara sampai waktu yang akan ditentukan kemudian," kata Kasi Penyiapan dan Penempatan BP3TKI Denpasar, Ony Irawan dikonfirmasi di Denpasar, Kamis (26/3/2020).

Dia menuturkan, kebijakan itu merujuk pada Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI nomor 151 tahun 2020, dan Surat Edaran Deputi Penempatan Badan Perlindungan PMI tentang Penghentian Sementara Pelayanan Penempatan PMI.

Menurutnya, sejak dikeluarkannya surat edaran tersebut, BP3TKI sudah tidak memproses penempatan lagi. Proses penempatan calon PMI ke negara tujuan penempatan hanya dilakukan dari Januari sampai 18 Maret 2020.

Hingga 18 Maret 2020, ada 174 calon PMI yang mengikuti Orientasi Pra Pemberangkatan.

Menurutnya, PMI yang telah memiliki visa kerja dan tiket transportasi ke negara tujuan penempatan, dapat diberikan pelayanan penempatan.

"Sepanjang negara tujuan penempatan tidak menutup masuknya orang asing untuk bekerja," katanya.


Editor : Reza Yunanto