Dokter Residen RSUP Sanglah Positif Covid-19

dewi umaryati ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 16:50 WIB
Dokter Residen RSUP Sanglah Positif Covid-19
RSUP Sanglah Denpasar Bali. (Foto: Istimewa)

DENPASAR, iNews.id – Seorang dokter residen Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar, dinyatakan positif Covid-19. Dokter perempuan usia 30 tahun ini sebelumnya sempat merawat Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Terungkapnya dokter residen ini dinyatakan positif Covid-19, setelah dari rumah sakit memiliki program rutin untuk mengambil tes swab, kepada staf yang berisiko tinggi. Hasilnya, ada satu dokter residen yang dinyatakan positif Covid-19.

Tim gugus tugas kemudian melakukan tracing dan ditemukan ada 21 orang staf rumah sakit, yang sempat kontak langsung dengan dokter residen ini. Sebanyak 21 orang hasil tracing ini telah dites swab dan hasilnya negatif.

Meski begitu, seluruh staf RSUP Sanglah ini harus menjalani isolasi mandiri di hotel yang disiapkan RSUP Sanglah bersama Pemprov Bali.

Adanya dokter residen RSUP Sanglah ini dibenarkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, Dewa Gede Rai.

“Dokter ini berasal dari Desa Dauh Puri Kelod, Kecamatan Denpasar Timur dan sekarang telah diisolasi di ruang Nusa Indah, RSUP Sanglah,” kata Dewa Rai, Jumat (22/5/2020).

Selain di rumah sakit, tracing juga dilakukan di lingkungan tempat tinggalnya dalam kurun waktu tiga hari terakhir. “Ada 6 orang yang berstatus Orang Tanpa Gejala atau OTG, dan saat ini telah menjalani karantina mandiri,” katanya.

Sebelum dokter residen, ada staf perempuan Laboratorium Mikrobiologi RSUP Sanglah juga dinyatakan positif Covid-19. Staf ini diduga terpapar virus corona melalui transmisi lokal, saat cuti untuk menggelar upacara adat.

Dari hasil tracing di lingkungan kerja dan tempat tinggalnya, hanya putrinya usia 10 tahun yang dinyatakan positif virus corona.


Editor : Dewi Umaryati