Reaktif Covid-19, 12 Warga Banjar Sayan Baleran Badung Dites Swab

Bagus Alit ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 15:47 WIB
Reaktif Covid-19, 12 Warga Banjar Sayan Baleran Badung Dites Swab
ilustrasi rapid test di Bali. (dok iNews.id)

BADUNG, iNews.id - Penularan virus corona (Covid-19) karena transmisi lokal ditemukan di Banjar Sayan Baleran, Desa Werdi Bhuwana, Kabupaten Badung, Bali. Sebanyak 12 orang yang mengikuti rapid test menunjukkan hasil reaktif Covid-19.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Badung menggelar rapid test, Kamis (21/5/2020). Hal itu dilakukan setelah ditemukan 5 kasus positif di banjar tersebut. Sebanyak 1.200 warga banjar mengikuti rapid test di berbagai pos yang berada di banjar itu.

Dari rapid test itu, sebanyak 12 orang dinyatakan reaktif rapid test. Dari Pos Wantilan Pura Puseh didapat 3 orang reaktif. Selanjutnya 8 orang juga diketahui reaktif dari Pos Wantilan Pura Dalem, dan seorang dari Pos Pura Prajapati.

Mereka yang reaktif langsung dijemput untuk melanjutkan pengambilan sampel swab di Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada.

"Sesuai protokol kesehatan, selama menunggu keluarnya hasil tes swab untuk sementara akan menjalani karantina di rumah singgah yang disiapkan Pemkab Badung," tutur Kepala Dinas Kesehatan Badung, dr Nyoman Gunarta.

Dia menambahkan, 12 warga tersebut akan berada di karantina sampai pelaksanaan tes swab yang kedua untuk memastikan apakah terjangkit virus atau tidak.

Rapid test di Banjar Sayan Baleran dilakukan setelah 5 orang di banjar tersebut positif terjangkit corona. Dari 5 orang itu, satu orang dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah, dan seorang di Rumah Sakit PTN Universitas Udayana. Sementara 3 orang lainnya sudah sembuh.


Editor : Reza Yunanto