Cegah Pemalsuan, Surat Bebas Covid-19 Masuk Bali Wajib Pakai Barcode

Chusna Mohammad · Selasa, 29 Juni 2021 - 09:13:00 WITA
Cegah Pemalsuan, Surat Bebas Covid-19 Masuk Bali Wajib Pakai Barcode
Gubernur Bali Wayan Koster menegaskan syarat pendatang wajib tunjukkan hasil PCR bebas Covid-19 dilengkapi barcode (Humas Pemprov Bali)

DENPASAR, iNews.id - Bali memberlakukan syarat wajib swab PCR bagi yang ingin datang. Untuk menghindari pemalsuan, surat keterangan bebas Covid-19 tersebut harus yang disertai QR code atau barcode.

"Sebab banyak surat keterangan palsu berbayar. Jadi (benar) ada bawa surat, tapi sebenarnya tidak mengikuti swab atau rapid tes antigen," kata Gubernur Bali Wayan Koster di Denpasar, Senin (28/6/2021). 

Koster menegaskan, pemeriksaan surat bebas Covid-19 melalui pengecekan barcode untuk mencegah surat bebas virus corona dipalsukan.

Dia menduga melonjaknya kasus Covid-19 di Bali disebabkan banyaknya pelaku perjalanan yang masuk menggunakan surat bebas Covid-19 palsu. 

Menurut Koster, kunjungan wisatawan domestik ke Bali sudah membaik. Di jalur transportasi udara, angka kedatangan ada di kisaran 8.000 sampai 9.000 orang per hari. Sedangkan untuk jalur darat dan laut ada di kisaran 10.500 orang per hari. 

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: