Bobol Rekening Nasabah Rp1,4 Miliar untuk Judi, Manajer Bank Ini Divonis 5 Tahun

Chusna Mohammad ยท Kamis, 29 Juli 2021 - 22:15:00 WITA
Bobol Rekening Nasabah Rp1,4 Miliar untuk Judi, Manajer Bank Ini Divonis 5 Tahun
Manajer bank di Bali dovonis lima tahun penjara karena terbukti membobol rekening nasabah Rp1,4 miliar. (Foto: MNC Portal/Chusna Mohammad)

DENPASAR, iNews.id – Mantan manajer bank di Denpasar, Bali, I Gede Adnya Susila (25) divonis lima tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Denpasar, Kamis (29/7/2021). Terdakwa dinyatakan bersalah membobol rekening nasabah sebesar Rp1,4 miliar. 

Ironisnya, uang nasabah tersebut habis dipakai terdakwa untuk judi online.

Vonis hakim tersebut lebih ringan dibandingkan tuntutan jaksa berupa hukuman tujuh tahun penjara. "Perbuatan terdakwa telah merusak citra lembaga perbankan dan merugikan nasabah," kata ketua majelis hakim I Putu Suyoga. 

Dalam putusannya, hakim menyatakan terdakwa melanggar pasal 32 ayat 2 junto pasal 48 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan pasal 3 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang tindak pidana pencucian uang. 

Hakim juga menjatuhkan denda sebesar Rp2 miliar dengan ketentuan jika tidak dibayar, maka hukuman terdakwa ditambah tiga bulan penjara. 

Aksi terdakwa dilakukan Juni 2020 silam dengan modus menawarkan aplikasi mobile banking kepada nasabahnya, I Made Darmawan. 

Terdakwa lalu membantu istri korban untuk menginstal aplikasi itu ke telepon genggam. Tanpa sepengetahuan istri korban, terdakwa saat itu juga menginstal aplikasi yang sama dan memasukkan data nasabah ke handphone miliknya. 

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: