5 Tenaga Medis RSU Puri Raharja Denpasar Positif Covid-19, Layanan UGD Ditutup

Muhammad Muhyiddin ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 14:58 WIB
5 Tenaga Medis RSU Puri Raharja Denpasar Positif Covid-19, Layanan UGD Ditutup
RSU Puri Raharja di Denpasar, Bali menutup layanan UGD karena ada tenaga medis yang terjangkit Covid-19. (iNews.id/Muhammad Muhyiddin).

DENPASAR, iNews.id - Rumah Sakit Umum (RSU) Puri Raharja Denpasar, Bali menutup layanan Unit Gawat Darurat (UGD) setelah lima tenaga kesehatan positif terjangkit virus corona (Covid-19). Diduga mereka tertular dari seorang pasien.

"Penutupan sementara ini bertujuan untuk mensterilkan tempat UGD," kata Manajer RSU Puri Raharja, Gusti Nyoman Tongki Ariyono ditemui di RSU Puri Raharja, Rabu (1/7/2020).

Dia mengatakan, penutupan UGD RSU Puri Raharja terhitung mulai 1 Juli 2020 dan akan kembali dibuka pada 5 Juli 2020. Selama penutupan itu akan dilakukan proses sterilisasi di ruang UGD.

Dia membenarkan jika penutupan tersebut karena ada tenaga medis di UGD yang terjangkit Covid-19. Mereka yang terpapar itu yakni seorang dokter dan empat perawat.

Mereka diduga terpapar dari seorang pasien di UGD yang menjalani perawatan dengan gejala Covid-19. Menurutnya, pasien tersebut sempat menjalani rawat inap di ruang perawatan UGD RSU Puri Raharja karena rumah sakit rujukan di Denpasar tidak mampu menampung.

Untuk mencegah penularan meluas, pengelola rumah sakit telah menonaktifkan sementara tenaga medis yang terjangkit Covid-19 itu hingga sembuh. Sedangkan belasan tenaga medis lain yang juga bertugas di UGD sudah menjalani tes swab untuk memastikan bila ada lagi yang terjangkit.

"Selama nunggu hasil swab, tenaga medis tersebut juga kami nonaktifkan dulu di rumah," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto