3 Pura Terbesar di Indonesia, Selain Bali Ada di Bogor dan Lombok

Faqihah Husnul Khatimah · Senin, 28 November 2022 - 15:38:00 WITA
3 Pura Terbesar di Indonesia, Selain Bali Ada di Bogor dan Lombok
Pura terbesar di Indonesia terletak di Bali. (Foto: Antara).

JEMBRANA iNews.idPura terbesar di Indonesia terletak di Bali. Selain itu ada juga pura besar di Jawa Barat, tepatnya di Bogor.

Pura merupakan tempat ibadah umat Hindu untuk memuji dan mendekatkan diri kepada Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa. Selain sebagai tempat sembahyang, pura juga dimanfaatkan untuk berkumpul dan melakukan kegiatan keagaamaan. 

Bali sebagai tempat tinggal umat Hindu terbesar di Indonesia menyimpan banyak pura. Salah satu yang besar, yaitu Pura Besakih. 

Berikut deretan pura besar di Indonesia:

1. Pura Besakih, Bali

Terletak di Desa Besakih, Karangasem, Bali, tepatnya di sebelah barat Gunung Agung. Desa itu dipilih karena terletak di tempat yang tinggi dan dianggap suci, disebut Hulundang Basukih. 

Sebutan itu kemudian menjadi nama Desa Besakih. Nama Besakih diambil dari bahasa sansekerta yang artinya selamat. 

Pura Besakih dibangun oleh seorang pemuka agama Hindu, Rsi Markandeya, pada 1284. Dijuluki sebagai Mother of Temple karena menjadi pusat kegiatan seluruh pura yang ada di Bali. 

Pura Besakih terdiri atas Pura Penataran Agung Besakih, Pura Basukian, dan 17 pura lainnya.

Pembangunan Pura Besakih didasarkan keseimbangan alam dalam konsep Tri Hita Karana. Penataan bangunan sesuai arah mata angin untuk mewakili keseimbangan. 

Selain tempat sembahyang, Pura Besakih sering dikunjungi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Menuju Pura Besakih, mata akan dimanjakan dengan panorama Bukit Jambul.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsBali di Google News

Bagikan Artikel: