Vaksinasi Covid-19 di Badung Ditargetkan Tuntas Sebelum Galungan

Antara · Kamis, 08 April 2021 - 10:55:00 WITA
Vaksinasi Covid-19 di Badung Ditargetkan Tuntas Sebelum Galungan
Vaksinasi zona hijau Covid-19 di Bali. (Foto: Antara)

BADUNG, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali menargetkan vaksinasi di kawasan Kuta dan Kuta Selatan tuntas sebelum Hari Raya Galungan. Sebanyak 56 vaksinator dikerahkan untuk mempercepat pemberian vaksin di dua wilayah itu.

"Untuk di wilayah Kuta kami akan menerjunkan 26 tim dan di Kuta Selatan 30 tim untuk pelaksanaan vaksinasi yang kami targetkan tuntas sebelum Hari Raya Galungan," ujar Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa di Mangupura," Rabu (7/4/2021).

Suiasa menjelaskan vaksinator tersebut merupakan kolaborasi petugas Dinas Kesehatan Badung, RSUD Mangusada, Fakultas Keperawatan dan Kedokteran Universitas Udayana, Stikes Bina Usada, Stikes Mandiri Mumbul Nusa Dua dan puskesmas setempat.

Mereka akan menyasar sekitar 68.000 warga yang terdiri atas 51.000 orang di wilayah Kuta yaitu di kawasan Seminyak, Legian, Kuta, dan Kedonganan. Sedangkan di Kuta Selatan sebanyak 17.000 orang yaitu di Ungasan, Kutuh, dan Pecatu.

"Vaksinasi fase kedua ini diprioritaskan menyasar para pelaku pariwisata, petugas publik, masyarakat dan lansia yang sasaran vaksinasinya sudah didata oleh para kepala lingkungan dan kelian dinas," katanya.

Suiasa mengatakan, kawasan yang menjadi sasaran vaksinasi tersebut merupakan wilayah di luar zona hijau Covid-19.

Sebelumnya pemerintah menetapak tiga zona hijau di Bali yakni Ubud di Gianyar, Nusa Dua di Badung, dan Sanur di Denpasar. Presiden Joko Widodo meminta vaksinasi di zona hijau diprioritaskan untuk persiapan pembukaan pariwisata di Bali pada pertengahan 2021.

Editor : Reza Yunanto