Pesawat TNI AU Angkut Ribuan APD dan Masker untuk Penanganan Corona di Bali

Antara ยท Jumat, 03 April 2020 - 17:20 WIB
Pesawat TNI AU Angkut Ribuan APD dan Masker untuk Penanganan Corona di Bali
Pesawat CN 295 TNI AU mengangkut ribuan APD dan masker tiba di Lanud I Gusti Ngurah Rai Bali, Jumat (3/4/2020). (Foto: Antara)

BADUNG, iNews.id - Pesawat TNI AU yang mengangkut ribuan masker dan Alat Pelindung Diri (APD) telah tiba di Bali. Ribuan alat kesehatan bantuan dari pemerintah pusat itu untuk membantu penanganan virus corona atau Covid-19 di Bali. 

"Hari ini telah tiba pesawat CN-295 milik TNI AU yang mengangkut alat kesehatan berupa APD sebanyak 7.500 buah dan masker sebanyak 37.500 buah untuk penanganan Covid-19 di Provinsi Bali," kata Komandan Lanud I Gusti Ngurah Rai Kolonel (Pnb) Radar Soeharsono, Jumat (3/4/2020).

Dia mengatakan, setelah tiba di Bali, alat kesehatan itu selanjutnya diserahkan oleh Komandan Lanud I Gusti Ngurah Rai kepada Komandan Korem 163/Wirasatya Kolonel (Arh) A.M. Suharyadi yang kemudian diteruskan kepada Satgas Covid-19 Provinsi Bali.

Saat proses bongkar muat dari pesawat CN-295 ke dalam truk pengangkut, prajurit TNI AU menyemprotkan cairan disinfektan ke puluhan kardus yang berisi APD dan masker itu. Seluruh kru pesawat juga disemprot menggunakan cairan disinfektan ketika keluar dari pesawat.

Menurutnya, distribusi APD dari pemerintah pusat yang dilakukan dan difasilitasi dengan pesawat milik TNI AU ke Bali ini merupakan yang kedua kalinya.

Pengiriman pertama telah dilakukan pada Senin (23/3/2020) yang diterima oleh Pangdam/IX Udayana. Saat itu diterima sebanyak 5.000 buah APD untuk wilayah Kodam IX/Udayana dan juga diserahkan kepada Satgas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Bali.

Dia menambahkan, pengiriman melalui jalur udara dipilih karena merupakan gerbang masuk yang paling strategis ke wilayah Pulau Bali. Selain itu, berdasarkan instruksi Panglima TNI, untuk kekuatan dari angkatan udara melalui media pesawat terbang sudah di deploy atau disebarkan ke wilayah timur.

"Dan untuk hari ini, pengiriman alat kesehatannya juga meningkat sekitar dua kali lipat khususnya jumlah masker yang dikirim cukup signifikan," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, I Made Rentin menjelaskan, APD dan masker bantuan dari pemerintah pusat yang telah diterima itu akan segera didistribusikan.

Distribusi akan diprioritaskan ke 11 rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di Bali.

"Gubernur Bali sudah menetapkan 11 rumah sakit rujukan COVID-19 di Provinsi Bali. Kami juga telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan selaku kluster/sub-satgas di bidang kesehatan," katanya.

Saat ini, kaa dia, stok peralatan APD di masing-masing rumah sakit rujukan masih cukup dan memadai.


Editor : Reza Yunanto