Terbukti Gelapkan Uang Rp30 Juta, Oknum Pengacara di Bali Divonis 3 Bulan Penjara

Dewi Umaryati ยท Selasa, 31 Agustus 2021 - 17:24:00 WITA
Terbukti Gelapkan Uang Rp30 Juta, Oknum Pengacara di Bali Divonis 3 Bulan Penjara
Sidang putusan kasus penggelapan uang di PN Denpasar, Selasa (31/8/2021). (Foto: iNews.id/Dewi Umaryati)

DENPASAR, iNews.id – Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Denpasar menjatuhkan vonis tiga bulan penjara kepada oknum pengacara R Teddy Raharjo (55). Dia dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana penggelapan uang Rp30 juta. 

"Hal yang memberatkan tidak ada. Sementara yang meringankan, terdakwa telah mengembalikan uang kepada saksi korban Erwandi Ibrahim. Bersikap sopan, terdakwa belum pernah dihukum dan menunjukkan rasa penyesalan," kata ketua majelis hakim Hari Supriyanto dalam putusan yang dibacakan secara daring, Selasa (31/8/2021). 

Vonis ini lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) Ida Ayu Surasmi dan kawan-kawan yang menuntut Teddy dengan pidana penjara selama lima bulan.

Kasus ini berawal pada 4 Oktober 2017, saat Teddy menjual mobil milik Erwandi Ibrahim kepada I Gede Oka Winaya sebesar Rp40 juta. 

Namun Erwandi hanya menerima uang hasil penjualan mobil sebesar Rp10 juta. Sisanya digunakan Teddy untuk kepentingan pribadi. Erwandi sempat menagih namun tidak pernah ditanggapi oleh terdakwa. 

Erwandi melaporkan Teddy ke Polda Bali pada 2 Februari 2018. Setelah masuk ke ranah pidana, Teddy melalui kuasa hukumnya mengembalikan uang kepada Erwandi hingga terjadi kesepakatan berdamai. 

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: