Tegas! Pemkot Denpasar Pulangkan 29 Warga Jatim tanpa Surat Sehat Bebas Covid-19

iNews.id ยท Jumat, 12 Juni 2020 - 14:01 WIB
Tegas! Pemkot Denpasar Pulangkan 29 Warga Jatim tanpa Surat Sehat Bebas Covid-19
Satpol PP Pemkot Denpasar pulangkan 29 warga Jatim tanpa surat sehat bebas Covid-19 (Instagram)

DENPASAR, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar, Bali memulangkan 29 pendatang asal Jawa Timur yang berada di Desa Tegal Kertha, Kecamatan Denpasar Barat. Tindakan tegas itu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Denpasar yang terus meningkat dalam beberapa hari terakhir.

"Perbekel Desa Tegal Kertha bersama Tim Satgas Gotong Royong Covid-19, melakukan pendataan penduduk pendatang (duktang) dan pemulangan 29 orang asal Jawa Timur," tulis akun resmi Pemkot Denpasar di Instagram, Jumat (12/6/2020).

Puluhan orang yang dipulangkan itu berasal dari Surabaya, Jawa Timur dan tinggal di Desa Tegal Kertha, Kecamatan Denpasar Barat. Mereka datang ke Bali untuk bekerja.

Namun, kedatangan mereka ke Pulau Dewata tanpa membawa surat keterangan sehat bebas Covid-19 dan identitas yang jelas sehingga mengkhawatirkan warga setempat.

"Mendapat laporan dari masyarakat adanya penduduk pendatang tanpa identitas dan surat keterangan sehat, Satpol PP Kota Denpasar segera mengamankan duktang tersebut dan mengembalikan ke daerah asalnya," tulis akun resmi Satpol PP Denpasar.

Sebelum dipulangkan, 29 orang itu terlebih dahulu didata dan diperiksa kesehatannya oleh tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Denpasar. Kemudian mereka diangkut dengan mobil Satpol PP Denpasar.

Kota Denpasar saat ini mendapat perhatian khusus terkait lonjakan kasus positif Covid-19 di Bali dalam beberapa terakhir. Kota Denpasar menyumbang kasus positif terbanyak dibanding wilayah lain.

Demi menekan tingginya penambahan kasus positif Covid-19 di ibu kota Provinsi Bali itu, Gubernur Wayan Koster telah menugaskan Sekretaris Daerah Bali, Dewa Made Indra untuk membuat tim kecil. Tim tersebut akan menentukan langkah konkrit mengatasi lonjakan kasus yang disebabkan transmisi lokal.

"Kita memahami betul kondisi Denpasar berbeda dengan yang lain. Sudah sepantasnya menjadi perhatian bersama," kata Koster di Denpasar, Kamis (11/6/2020) malam.

Per 12 Juni 2020, total kasus positif Covid-19 di Denpasar sebanyak 171 orang dengan 115 di antaranya merupakan kasus transmisi lokal. Sedangkan akumulasi total kasus positif Covid-19 di Bali mencapai 659 orang.


Editor : Reza Yunanto