Masjid di Kampung Jawa Denpasar Gelar Salat Jumat, Jemaah Dibatasi 20 Persen

Antara ยท Jumat, 12 Juni 2020 - 16:12:00 WITA
Masjid di Kampung Jawa Denpasar Gelar Salat Jumat, Jemaah Dibatasi 20 Persen
Pengecekan suhu tubuh sebelum salat Jumat. (Antara)

DENPASAR, iNews.id - Masjid Raya Baiturrahman di Dauh Puri Kaja, Denpasar, Bali yang dikenal juga sebagai Kampung Jawa kembali menggelar salat Jumat. Salat Jumat perdana setelah ditutup selama dua bulan ini terbatas hanya 20 persen kapasitas normal.

"Masjid ini dibuka dengan mematuhi peraturan pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan," kata Ketua Umum Yayasan Masjid Baiturrahman, Junaidi, Jumat (12/6/2020).

Junaidi mengatakan, salat Jumat digelar dengan memperhatikan protokol Covid-19 yang dianjurkan pemerintah. Salah satunya yaitu kapasitas jemaah yang dibatasi maksimal hanya 20 persen.

Menurut Junaidi, pada hari biasanya, salat Jumat di Masjid Baiturrahim biasanya diikuti hingga 3.000 orang. Namun hari ini dibatasi hanya 20 persen dari kapasitas normal, yaitu sekitar 500-600 orang saja.

"Jemaah juga dites suhu setiap masuk masjid. Kalau di atas 37 derajat dipersilakan pulang," katanya.

Sedangkan bagi jemaah yang berasal dari luar Kampung Jawa diminta untuk mencuci tangan dengan sabun. Setelah itu dites suhu sebelum masuk masjid. Pelaksanaan salat pun memerhatikan physical distancing.

"Untuk sementara juga tidak diperbolehkan bersalaman. Tempat salat juga diatur petugas agar menjaga jarak antarjemaah. Seluruhnya juga diminta mengenakan masker dan disarankan membawa sajadah sendiri," katanya.


Editor : Reza Yunanto