Hasil Tes Swab Negatif, 140 Pekerja Migran Pulang Kampung ke Buleleng

Antara ยท Senin, 18 Mei 2020 - 09:57 WIB
Hasil Tes Swab Negatif, 140 Pekerja Migran Pulang Kampung ke Buleleng
140 pekerja migran asal Buleleng, Bali dipulangkan ke rumahnya masing-masing, Minggu (17/5/2020. (Antara)

BULELENG, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali memulangkan 140 pekerja migran yang telah mengakhiri masa karantina di Kota Denpasar. Ratusan pekerja migran itu dipulangankan ke rumahnya masing-masing, Minggu (17/5/2020) malam.

Mereka yang dipulangkan itu selain telah melewati masa karantina selama 14 hari, juga telah menjalani tes swab sebanyak dua kali dengan hasil negatif.

"Semua pekerja migran itu diangkut dari karantina menggunakan tujuh bus milik Pemkab Buleleng," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Buleleng, Gede Gunawan di Singaraja, Minggu (17/5/2020).

Ratusan pekerja migran itu setibanya di Buleleng tetap diminta disiplin menjalankan protokol kesehatan. Salah satunya melanjutkan isolasi mandiri selama di rumah selama 14 hari.


"Harus diam dulu di rumah selama 14 hari, surat keterangan yang diberikan agar digunakan untuk melapor ke masing-masing desa/kelurahan untuk dipantau," katanya.


Sebelumnya, Ketua Gugus Tugas Covid-19 Buleleng, Gede Suyasa mengatakan, ada 413 pekerja migran asal Buleleng yang dikarantina di Denpasar dan belum ada kepastian kapan dipulangkan

Dia mengatakan, Gugus Tugas siap menerima kedatangan mereka dan memberikan pelayanan terbaik demi memberikan rasa nyaman bagi para pekerja migran itu saat pulang kampung, termasuk memberi rasa aman pada warga di sekitarnya.

"Yang paling penting adalah keselamatan masyarakat Buleleng secara umum dan PMI itu sendiri," katanya.


Editor : Reza Yunanto