Pegawai Kantor Camat Positif Covid-19, 14 Orang Hasil Tracing Dinyatakan Reaktif

Pande Wismaya ยท Minggu, 17 Mei 2020 - 22:35 WIB
Pegawai Kantor Camat Positif Covid-19, 14 Orang Hasil Tracing Dinyatakan Reaktif
Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa (dokumentasi iNews.id)

BULELENG, iNews.id – Setelah satu pegawai Kantor Camat Seririt dinyatakan positif Covid-19, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng melakukan tracing. Hasilnya sebanyak 26 orang diketahui pernah kontak langsung, namun dari rapid test hanya 14 orang menunjukkan reaktif.

Pegawai Kantor Camat yang dinyatakan positif, saat ini telah dirawat di rumah sakit yaitu pasien dengan register PDP 51. Hal ini dibenarkan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, usai menyosialisasikan berakhirnya masa karantina Desa Bondalem, Minggu (17/5/2020).

Pasien ini sebelumnya bertugas menjemput pekerja migran dari Denpasar, untuk dibawa ke Buleleng guna menjalani masa karantina di hotel. Ada dugaan, PDP 51 ini tertular dari pekerja migran.

“Sudah kita tracing dan ada 26 orang yang dirapid test, termasuk camatnya juga,” kata bupati.

Dari jumlah itu, hanya 14 yang menunjukkan reaktif, dan telah diambil tes swab untuk memastikan apakah mereka terpapar virus corona atau tidak.

Terkait pelayanan kantor camat setelah ditemukan ada pegawainya yang positif, Bupati Putu Agus masih menunggu laporan dari Camat Seririt. “Laporan yang masuk ke saya baru jumlah yang mengikuti rapid test. Nanti saya akan cek ke Seririt untuk rapat internal,” kata bupati.

Sementara terkait jumlah pekerja migran yang masih dikarantina di Denpasar dan tengah menunggu hasil swab sebanyak 120 orang. Menurut Bupati Buleleng, 23 Mei mendatang akan ada sekitar 600 pekerja migran yang diangkut kapal pesiar tiba di Bali, dan biasanya sepertiga berasal dari Buleleng.

Untuk kasus positif Covid-19 di Buleleng per hari ini bertambah satu orang, sehingga jumlahnya menjadi 48 orang. Sebanyak 26 orang berhasil sembuh, dan 22 orang masih dirawat di rumah sakit.

“Yang dirawat di rumah sakit di Buleleng ada 15 orang dan ada tambahan empat orang dirujuk, sehingga ada 7 pasien yang dirawat di rumah sakit di Denpasar,” kata Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa.

Empat pasien yang dirujuk yaitu PDP 51, 32, 46, dan 53. “Mereka yang dirujuk ini agar mendapat penanganan medis yang lebih intensif,” kata Suyasa.

Suyasa mencontohkan ada pasien yang selama tujuh kali swab, hasilnya selalu positif sehingga diperlukan penanganan lebih serius.


Editor : Dewi Umaryati