Puluhan Warga Bali Korban Penipuan di Turki dalam Perlindungan KJRI Istanbul

Antara ยท Senin, 14 Maret 2022 - 02:15:00 WITA
Puluhan Warga Bali Korban Penipuan di Turki dalam Perlindungan KJRI Istanbul
Evakuasi puluhan WNI asal Bali dari tempat penampungan ilegal di Turki oleh perwakilan RI di Ankara. (Foto: KBRI Ankara).

JAKARTA, iNews.id- Sebanyak 29 warga negara Indonesia (WNI) asal Bali yang telantar di Turki telah ditangani KJRI Istanbul. Lima orang di antaranya telah kembali ke Bali.

Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, Gubernur Bali Wayan Koster telah berkomunikasi langsung dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi terkait kasus ini.

Menurut Iqbal, ini sepenuhnya kasus penipuan yakni penempatan tenaga kerja Indonesia secara nonprosedural dengan indikasi kuat tindak pidana perdagangan orang.

"Kita akan fokus memberikan perlindungan korban dan memidanakan pelaku baik yang tinggal di Bali maupun di Turki," ujar Iqbal dalam keterangan tertulisnya dari Ankara, Minggu (13/3/2022).

Iqbal menjelaskan, dari 29 orang tersebut, lima orang sudah kembali ke Bali. Kemudian delapan orang tersebar bekerja di beberapa kota di Turki. 

Sedangkan 16 orang yang berada di tempat penampungan ilegal telah dievakuasi dan tinggal di penampungan sementara KJRI Istanbul. 

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: