Puan: Saat Pariwisata Bali Dibuka Lagi, Perekonomian Warga Harus Menggeliat

Antara ยท Selasa, 12 Oktober 2021 - 12:16:00 WITA
Puan: Saat Pariwisata Bali Dibuka Lagi, Perekonomian Warga Harus Menggeliat
Ketua DPR Puan Maharani berharap pembukaan pariwisata Bali membuat perekonomian masyarakat Bali kembali menggeliat.. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Pembukaan pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara pada 14 Oktober 2021 harus mendatangkan manfaat bagi masyarakat. Perekonomian masyarakat Bali yang terpuruk akibat pandemi Covid-19 harus kembali menggeliat.  

"Rencana dibukanya kembali akses untuk wisman harus membuat ekonomi masyarakat kembali menggeliat," kata Ketua DPR Puan Maharani dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (11/10/2021).

Puan mengatakan, penutupan akses masuk bagi wisman telah membuat masyarakat Bali yang menggantungkan perekonomian dari sektor pariwisata sangat terdampak. Penutupan itu membuat berbagai jenis usaha yang berafiliasi dengan pariwisata menjadi terhenti.

"Terhentinya sektor pariwisata membuat ekonomi banyak warga Bali merosot drastis. Pemerintah perlu mengatur sedemikian rupa agar pembukaan akses untuk turis asing berdampak besar bagi perekonomian masyarakat Bali, bahkan sampai level UMKM," katanya.

Politisi PDI-P ini berharap ketika UMKM kembali bergeliat, terjadi peningkatan perekonomian masyarakat Bali. Dia meyakini, pertumbuhan ekonomi daerah yang baik akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. 

Menurutnya pemerintah daerah dan pemerintah pusat harus bahu-membahu mempersiapkan dibukanya kembali sektor pariwisata agar Indonesia tak lagi mengalami kontraksi pertumbuhan ekonomi.

"Tidak hanya untuk memulihkan sektor pariwisata, tetapi juga untuk membangun optimisme UMKM. Saat sektor-sektor perekonomian kembali bergerak, pada akhirnya rakyat yang akan mendapatkan manfaat," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: