PN Denpasar Tunda Sidang Dua Pekan Cegah Penularan Korona

Aris Wiyanto ยท Kamis, 19 Maret 2020 - 13:45 WIB
PN Denpasar Tunda Sidang Dua Pekan Cegah Penularan Korona
Ketua PN Denpasar Soebandi. (Foto: iNews.id/Aris Wiyanto)

DENPASAR, iNews.id – Pengadilan Negeri (PN) Denpasar menunda seluruh jadwal persidangan selaman dua pekan hingga 31 Maret 2020. Penundaan ini dilakukan terkait pencegahan meluasnya virus korona atau covid-19 di Bali.

“Seluruh majelis hakim sudah sepakat, menindaklanjuti kebijakan Mahkamah Agung para hakim sepakat untuk menunda sidang dua minggu,” kata Ketua PN Denpasar Soebandi, Kamis (19/3/2020).

Meski ada penundaan, PN Denpasar masih akan menggelar sidang untuk kasus tertentu. Yaitu sidang untuk kasus pidana anak, dan kasus pidana di mana masa tahanan terdakwanya akan habis.

“Kalau itu nggak bisa ditunda dua minggu untuk pidana anak,” katanya.

Sementara untuk sidang pidana yang tetap digelar akan dilakukan pembatasan kunjungan.

Misalnya untuk agenda pemeriksaan saksi. Jika memungkinkan, pemberian keterangan oleh saksi di persidangan dilakukan melalui teleconference.

Dengan penundaan seluruh jadwal sidang, suasana PN Denpasar terlihat lengang. Namun demikian antisipasi penularan virus korona tetap dilakukan.

Setiap orang yang datang ke pengadilan akan melalui pemeriksaan suhu tubuh dengan thermo gun. Sejumlah hand sanitizer juga disediakan di titik-titik tertentu di gedung PN.


Editor : Reza Yunanto