Persidangan Offline Jerinx Hanya Bisa Dihadiri 20 Pengunjung di Ruang Sidang

Indira Arri ยท Senin, 12 Oktober 2020 - 17:56 WITA
Persidangan Offline Jerinx Hanya Bisa Dihadiri 20 Pengunjung di Ruang Sidang
PN Denpasar membatasi pengunjung sidang offline Jerinx hanya 20 orang yang bisa hadir di dalam ruangan. (iNews.id/Indira Arri).

DENPASAR, iNews.id - Pengadilan Negeri (PN) Denpasar telah melakukan persiapan akhir untuk pelaksanaan sidang terdakwa I Gede Ary Astina alias Jerinx yang akan digelar secara offline pada Selasa (13/10/2020) besok. PN Denpasar memastikan akan ada pembatasan pengunjung sidang.

"Kita akan membatasi tamu sidang ke PN Denpasar 130 orang. Tapi itu bukan hanya untuk perkara Jerinx, tapi untuk semua perkara yang disidangkan Selasa besok," kata Ketua PN Denpasar, Sobandi, Senin (12/10/2020).

Sobandi menjelaskan untuk ruang sidang Cakra yang akan dipakai untuk persidangan Jerinx dibatasi 20 pengunjung saja. Dengan demikian tak semua orang yang ingin menyaksikan langsung persidangan boleh masuk.

"Mohon maklumi para pendukung Jerinx yang akan datang ke pengadilan hanya 20 yang bisa masuk," tuturnya.

Selain pembatasan pengunjung sidang, Sobandi memastikan sidang offline tidak akan disiarkan melalu live streaming seperti persidangan sebelumnya. Hal itu dilakukan untuk menjaga kerahasiaan dari keterangan yang diberikan saksi-sasi dalam persidangan.

"Karena pemeriksaan saksi ada hukum acara yang harus ditaati. Pemeriksaan saksi kalau live streaming dikhawatirkan saksi berikutnya mendapat bocoran sehingga memengaruhi keterangan yang diberikan," tuturnya.

Sebeumnya, majelis hakim yang menyidangkan perkara Jerinx memutuskan untuk memberi kesempatan persidangan selanjutnya digelar secara tatap muka atau offline.

"Setelah kami bermusyawarah dan melihat perkembangan persidangan selama ini, untuk pemeriksaan saksi dan terdakwa perlu dilakukan secara offline," tutur ketua majelis hakim Ida Ayu Nyoman Adnya Dewi di persidangan, Selasa (6/10/2020).


Editor : Reza Yunanto