Penanganan Covid-19 di Bali, Pangdam IX Udayana: Kuncinya Vaksinasi dan Isoter

Antara ยท Selasa, 28 September 2021 - 08:40:00 WITA
Penanganan Covid-19 di Bali, Pangdam IX Udayana: Kuncinya Vaksinasi dan Isoter
Pangdam IX/Udayana Mayjen Maruli Simanjuntak dan Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf. (Antara)

DENPASAR, iNews.id - Kasus Covid-19 di Bali mulai melandai. Pangdam IX Udayana Mayjen Maruli Simanjuntak menilai kunci keberhasilan penanganan pandemi di Bali yakni vaksinasi, protokol kesehatan, 3T (testing, tracing, treatment), dan isolasi terpusat (isoter).

"Yang jadi kunci dari penanganan Covid ini yaitu dengan vaksinasi, prokes, 3T dan isoter," kata Maruli di Denpasar, Senin (27/9/2021).
 
Maruli mengatakan, penanganan ini tidak terlepas dari pengamanan berbasis desa adat dan instansi-instansi terkait lainnya dalam mengawal penanganan Covid-19. Sinergi itu menjadi salah satu faktor kasus Covid-19 di Bali dapat ditekan. 

"Jadi untuk selanjutnya tetap konsisten melaksanakan empat hal itu supaya kasus tidak meledak lagi, dan isoter di Bali juga jadi percontohan dengan persiapannya secara maksimal," kata mantan Danpaspampres ini.
 
Menurut Maruli, isoter juga tugas besar bagi aparat teritorial yang berwenang, seperti Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Babinsa yang melakukan tracing ke masyarakat yang terkonfirmasi positif merupakan komponen utama, dengan mempertimbangkan kondisi kewilayahan, sosial, budaya, hingga dukungan logisitik.

"Di mana lagi ada penanganan pakai mobil pribadi untuk dinas tengah malam. Ya itu TNI," tuturnya.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: