Pariwisata Dibuka Oktober 2021, Bali Bidik Turis 4 Negara

Chusna Mohammad ยท Senin, 27 September 2021 - 21:55:00 WITA
Pariwisata Dibuka Oktober 2021, Bali Bidik Turis 4 Negara
Syarat penumpang pesawat ke Bali wajib menyertakan hasil tes PCR dan kartu atau sertifikat vaksinasi Covid-19. (Foto: Ist)

DENPASAR, iNews.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali membidik turis asing dari empat negara jika pariwisata ke Pulau Dewata dibuka Oktober 2021 mendatang. Keempat negara itu yakni, Amerika, Inggris, Rusia dan Jerman.

"Ya, ada sekitar empat negara yang kita bidik,” kata Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Arta Ardhana Sukawati dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/9/2021). 

Wakil gubernur yang disapa Cok Ace ini menjelaskan, wisman dari empat negara itu dibidik berdasarkan length of stay di Bali. Dari pengalaman, mereka rata-rata tinggal selama dua pekan. 

Meksi demikian, rencana itu disesuaikan dengan regulasi pemerintah pusat. Hal itu terkait potensi gelombang ketiga kasus Covid-19 di sejumlah negara. 

Menurut Cok Ace, kasus Covid-19 di Bali terus menunjukkan tren penurunan. Hingga akhir September, kasus aktif saat ini tinggal di bawah 2.000-an, turun drastis dibanding Agustus lalu yang mencapai di atas 10.000 kasus aktif. 

Kemudian capaian vaksinasi sudah mencapai 97 persen untuk dosis pertama dan 75 persen untuk dosis kedua. "Kita targetkan bisa tuntas paling lambat bulan depan," katanya. 

Skema kedatangan wisman juga telah disiapkan, mulai dari pintu kedatangan, testing bagi yang positif akan dirujuk ke rumah sakit dan yang negatif melanjutkan perjalanan ke hotel karantina. "Juga skema berwisata hingga keberangkatan kembali ke negara mereka," ujar Cok Ace. 

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: