217 Orang di Bali Berinteraksi Langsung dengan 3 Pasien Positif Virus Korona

Antara ยท Minggu, 22 Maret 2020 - 01:30 WIB
217 Orang di Bali Berinteraksi Langsung dengan 3 Pasien Positif Virus Korona
Ketua Tim Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra. (Foto: Antara).

DENPASAR, iNews.id - Tim surveilans dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali masih menelusuri 217 orang yang sebelumnya diduga melakukan kontak langsung dengan tiga orang pasien positif virus korona. Mereka sementara diimbau untuk mengisolasi diri di rumah masing-masing.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bali yang sekaligus menjadi Ketua Tim Satgas Penanggulangan Covid-19, Dewa Made Indra mengatakan, sudah berkomunikasi dengan ratusan warga tersebut. Mereka sudah diberikan edukasi dan rekomendasi mengenai kasus virus korona.

"Sebelumnya ada 199 orang yang pernah melakukan kontak dengan tiga pasien positif virus korona di Bali. Namun hari bertambah menjadi 217 orang," kata Dewa Made saat jumpa pers di Kota Denpasar, Bali, Sabtu (21/3/2020).

Dewa Made mengatakan, sampai saat ini kasus pasien dalam pengawasan atau PDP berjumlah 95 orang, dengan tambahan lima orang pada Jumat (20/3/2020) kemarin yang melapor ke rumah sakit. Mereka sudah ditangani sesuai prosedur dan menjalani perawatan.

Jumlah sampel yang sudah keluar dari 71 orang itu, 68 di antaranya dinyatakan negatif dan mereka saat ini sudah diizinkan pulang dari rumah sakit.

"Yang berikutnya tiga orang dinyatakan positif merupakan klarifikasi dari informasi yang disampaikan kemarin. Awalnya ada empat, ternyata satu orang di luar daerah," ujar dia.

Dia menegatakan, saat ini tercatat tiga orang di wilayah Bali positif Covid-19. Dewa Made menyebut, dua di antaranya WNA dan sudah meninggal, sedangkan satu lainnya WNI masih dalam perawatan isolasi.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal