Pemkab Badung: Kegiatan di Rumah Ibadah Harus Kantongi Izin Gugus Tugas

Antara ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 11:08 WIB
Pemkab Badung: Kegiatan di Rumah Ibadah Harus Kantongi Izin Gugus Tugas
Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa (Foto: iNews.id/Bagus Alit)

BADUNG, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung, Bali mewajibkan penyelenggaraan kegiatan keagamaan di rumah ibadah mengantongi izin dari Gugus Tugas Covid-19 setempat. Izin diberikan secara berjenjang sesuai wilayah rumah ibadah tersebut berada.

Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa mengatakan, izin diberikan oleh Gugus Tugas Covid-19 di tingkat kecamatan dan kabupaten, dengan mempertimbangkan juga besarnya lingkup rumah ibadah tersebut.

"Tempat ibadah berupa musala dan pura khayangan tiga, cukup surat keterangan atau izin dari gugus tugas kecamatan. Sedangkan masjid, gereja, vihara dan pura sad khayangan, dang kahyangan serta kahyangan jagat, izinnya dari gugus tugas kabupaten," ujar Suiasa di Badung, Senin (22/6/2020) malam.

Suiasa mengatakan, surat izin tersebut menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah dalam mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 di Masa Pandemi.

Pemkab Badung telah berkoodinasi dengan perangkat daerah yang terkait dengan pemberian izin ini.

Di tingkat kabupaten, Gugus Tugas diwakili oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan, dan Satpol PP yang akan menilai dan menganalisa apakah suatu tempat ibadah memenuhi syarat untuk dibuka menyelenggarakan kegiatan atau tidak.

"Sehingga dapat diberikan rekomendasi untuk pengeluaran surat keterangan yang akan diputuskan dalam rapat Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) bersama majelis-majelis agama," katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama, Kabupaten Badung, Agung Gede Manguningrat mengatakan, koordinasi tersebut diperlukan untuk menindaklanjuti terbitnya SE Menteri Agama No. 15 tahun 2020 tentang peribadatan.

Salah satu poin yang paling penting terkait harus adanya izin dari gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 terhadap tempat ibadah yang disediakan untuk menyelenggarakan ibadah, harus mendapat izin dari gugus tugas, baik kecamatan maupun kabupaten.

"Terkait dengan hal tersebut, kami juga telah melakukan sosialisasi ke beberapa tempat ibadah dan ada pula yang sudah mengajukan permohonan untuk melaksanakan ibadah," ucapnya.


Editor : Reza Yunanto