Menkop Teten Minta Pelaku UKM Bali Ubah Pola Pikir: Jangan Tunggu Datangnya Turis

Chusna Mohammad · Rabu, 09 Juni 2021 - 10:54:00 WITA
Menkop Teten Minta Pelaku UKM Bali Ubah Pola Pikir: Jangan Tunggu Datangnya Turis
Menkop UKM Teten Masduki di Denpasar, Selasa (8/6/2021). (Foto: MNC/Chusna Mohammad)

DENPASAR, iNews.id -  Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki meminta pelaku UKM di Bali mulai mengubah pola pikir. Di tengah situasi pandemi Covid-19, tidak mungkin bisa menjual produk hanya dengan menunggu datangnya wisatawan

"Ide besarnya, bagaimana dalam situasi pandemi, (produk UKM) Bali mengunjungi dunia lewat aplikasi digital," kata Teten di kampus STMIK Primakara Denpasar, Selasa (8/6/2021). 

Dia mengingatkan, pelaku UKM bahwa perilaku konsumen dalam situasi pandemi telah berubah. Semua melakukan pembelian secara online. Hal itu harus dilihat pelaku UKM sebagai peluang. 

Sejak pandemi awal tahun lalu, Teten menyebut terjadi peningkatan penjualan produk UKM untuk sektor makanan dan minuman hingga 26 persen. Peningkatan juga dialami produk UKM untuk pemeliharaan kesehatan, seperti masker dan hand sanitizer. 

Teten juga menyebut tingginya peluang keuntungan produk UKM ke depan. "Kalau melihat 2025, sampai 1.800 triliun di dalam negeri. Jika kita tidak siap go digital, ini akan diambil alih produk luar," ujarnya. 

Teten juga mengapresiasi STMIK Primakara yang banyak menciptkan aplikasi digital dan digunakan para pelaku UKM di Bali. 

"Ini keren dan hebat. Bisa menjadi semacam plug and play yang memberikan peluang anak-anak muda untuk mengembangkan idenya," ujarnya. 

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2