Mahasiswa KKN di Bali Diminta Bantu Edukasi Protokol Covid-19 ke Masyarakat

Antara ยท Rabu, 17 Juni 2020 - 15:12 WIB
Mahasiswa KKN di Bali Diminta Bantu Edukasi Protokol Covid-19 ke Masyarakat
Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Bali Dewa Made Indra menyampaikan keterangan pers. (Foto: Humas Pemprov Bali)

DENPASAR, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali meminta mahasiswa peserta program kuliah kerja nyata (KKN) membantu pemerintah mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Salah satunya dengan menjadi agen edukasi penerapan protokol kesehatan Covid-19 di masyarakat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra mengatakan, jumlah mahasiswa KKN yang cukup banyak akan jadi kekuatan besar dalam mempercepat penanganan Covid-19 di Pulau Dewata.

"Kami berharap para mahasiswa dapat menjadi agen dalam memberikan edukasi kepada masyarakat," ujarnya saat memberikan arahaan kepada dosen pembimbing KKN secara daring, Selasa (16/6/2020).

Dewa Indra mengatakan, kasus positif Covid-19 di Pulau Dewata saat ini didominasi transmisi lokal. Hal itu menandakan masih banyak masyarakat yang belum disiplin menerapkan protokol kesehatan. Menghadapi kondisi itu, Pemprov Bali mengubah strategi pencegahan Covid-19 dengan menggencarkan edukasi kepada masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan.

Selain itu, kata dia, Gubernur Wayan Koster juga mengefektifkan pemberian edukasi tentang protokol kesehatan dengan memperkuat peran desa adat. Penguatan peran desa adat dalam menangkal penyebaran Covid-19 itu terimplementasi dalam penyusunan pararem atau kesepakatan adat yang mengatur protokol kesehatan.

"Subtansi dari pararem itu telah diberikan oleh Majelis Desa Adat, penyusunan di tiap desa adat diharapkan tidak berbenturan dengan awig-awig," ujarnya.

Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Bali ini mengingatkan bagi mahasiswa yang menjalankan kegiatan KKN di masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Hal itu sekaligus memberikan contoh kedisiplinan kepada masyarakat setempat.

"Misalnya masker tetap dikenakan saat berbicara dengan orang lain. hand sanitizer juga harus ingat selalu dibawa," ucapnya.


Editor : Reza Yunanto