8 Kerajinan Tangan Khas Pulau Dewata, Cocok Buat Cendera Mata

Hanna Ratih Aninditya ยท Sabtu, 10 September 2022 - 15:03:00 WITA
8 Kerajinan Tangan Khas Pulau Dewata, Cocok Buat Cendera Mata
Kerajinan tangan khas Pulau Dewata salah satunya kain tenun Endek. (Foto: dok iNews.id)

5. Lukisan 

Tidak jauh dengan pahatan kayu, begitu pula dengan seni lukis. Kerajinan tangan khas Pulau Dewata ini sebelumnya memiliki ciri khas Bali yang melambangkan cerita legenda atau religi. Saat ini anda juga bisa menemukan lukisan modern di galeri-galeri yang terdapat di Ubud.

Seni lukis di Bali yang sebelumnya berciri khas cerita religi atau legenda, kini bisa dijumpai karya seni modern di galeri-galeri yang ada di Ubud.

6. Tas Rotan

Kerajinan rotan sering menjadi salah satu yang dipajang di toko yang berada di sepanjang jalan. Masyarakat di Bali sudah biasa melakukan praktik menenun. Kebiasaan tersebut menghasilkan kerajinan dengan hasil yang kreatif. Tidak hanya tas rotan, banyak juga barang-barang lain seperti topi, sandal, keranjang, serta berbagai macam barang lain seperti pajangan rumah.

7. Kerajinan Batok Kelapa

Oleh para tangan seniman, batok kelapa bisa disulap menjadi kerajinan tangan khas Pulau Dewata yang menarik. Kerajinan tersebut menghasilkan karya seperti pot, kendi, gayung, hiasan, maupun pajangan rumah, dan masih banyak lagi.

Jika ingin membeli kerajinan dari batok kelapa salah satunya bisa mengunjungi Tampaksiring di Gianyar. Selain itu ada di sentra kerajinan batok kelapa di di Banjar Sarimertha, Desa Negari, Klungkung.

8. Gelang Anyam

Jika mengunjungi pantai atau beberapa tempat wisata di Bali, mungkin dengan mudah ditemukan penjual gelang anyam keliling. Selain menjual gelang biasanya penjual tersebut juga menyendiakan jasa kepang seluruh rambut dan jasa pijat.

Itulah 8 kerajinan khas Pulau Dewata yang cocok dijadikan cendera mata. Jika mencari suvenir khas Bali dengan harga yang terjangkau, bisa mengunjugi pasar seni di Bali yang menawarkan berbagai macam pilihan seni dan kerajinan.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: