Kasus Balap Liar di Denpasar Menurun Sejak Merebaknya Virus Corona

Antara ยท Jumat, 10 April 2020 - 15:57 WIB
Kasus Balap Liar di Denpasar Menurun Sejak Merebaknya Virus Corona
Kapolresta Denpasar AKBP Jansen Avitus Panjaitan (Foto: iNews.id/Aris Wiyanto)

DENPASAR, iNews.id - Polresta Denpasar menyebut kasus balap motor liar mulai berkurang. Diduga karena imbauan untuk berada di rumah mencegah penularan virus corona (Covid-19).

"Jumlahnya mulai menurun bersamaan dengan imbauan kepada masyarakat untuk tetap berada di rumah," kata Kapolresta Denpasar AKBP Jansen Avitus Panjaitan, Jumat (10/4/2020).

Meski demikian, personel Polresta Denpasar tetap rutin melakukan patroli di lokasi yang kerap dijadikan arena balap liar. Bila masih ditemukan, polisi tak segan untuk menjerat pelaku trek-trekan motor itu dengan pasal pemberatan.

"Nantinya akan ada pemberatan bahkan dengan adanya tambahan pasal dan ancaman yang dikenakan," katanya.

Dia menambahkan, saat ini Polresta Denpasar fokus pada kegiatan memberi pengarahan kepada warga untuk tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak perlu.

Tindakan pencegahan itu dilakukan dengan cara memberi imbauan. Kecuali jika ada penolakan, kata dia, petugas kepolisian bisa mengambil tindakan untuk membawa ke proses hukum.

"Untuk saat ini, belum ada yang sampai dibubarkan secara paksa," katanya.

Gubernur Wayan Koster sebelumnya telah menetapkan status Tanggap Darurat penanganan Covid-19 di Bali. Status itu berlaku hingga 29 Mei.

Terkait status itu, Gubernur telah mengeluarkan Instruksi yang berisi imbauan kepada warga Bali untuk mengurangi aktivitas di luar rumah demi memutus mata rantai penularan virus corona.


Editor : Reza Yunanto